oleh

7 Destinasi Wisata Yang Perlu Anda Kunjungi Saat Liburan di Makassar dan Sulawesi Selatan

Traveling, Matasulsel – Mungkin masih banyak dari Anda yang belum pernah berkunjung ke Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan yang juga merupakan kota terbesar dengan pembangunan paling pesat di wilayah timur Indonesia.

Kota pelabuhan ini sudah “bergeliat” sejak jaman penjajahan Belanda di abad ke-17 dan dijadikan salah satu pusat jalur perdagangan. Bahkan hingga sekarang kota ini masih jadi gerbang penghubung menuju wilayah-wilayah lain di Indonesia Timur.

Sebagai kota metropolitan yang modern, Makassar tetap menyimpan pesona sejarah dan budaya yang tetap terjaga dengan apik.

Tak heran jika beberapa waktu terakhir kota ini tumbuh menjadi salah satu destinasi wisata favorit, baik bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Dari pantai-pantai tersembunyi, aktivitas pesisir yang memikat, pesona kuliner yang begitu beragam, sampai keramahan warganya membuat kota yang dijuluki Kota Angin Mamiri ini layak menjadi tujuan liburan Anda selanjutnya.

Untuk Anda yang belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke sana, kami akan memberikan panduan lengkap yang akan memudahkan Anda saat mengunjungi Makassar dan tempat-tempat menarik lain di sekitarnya.

Kalau berkunjung ke Makassar anda wajib mencoba kuliner khas setempat, seperti Pisang Epe, Coto Makassar, Jalangkote, Pallubasa, Es Pallu Butung, Mie Titi, Sop Konro, dan masih banyak lagi

DESTINASI WISATA

1. Karst Rammang-Rammang Maros

Mengunjungi Rammang-Rammang seolah kita dibawa ke negeri antah berantah di jaman purbakala.

Selain terdapat Goa Mimpi dan Goa Batu, yang juga jadi daya tarik utama dari area ini adalah hutan batu kapur (karst) yang sangat unik. Deretan bukit-bukit batu kapur yang tersebar di lahan seluas 45 hektar ini merupakan sebuah fenomena alam yang tiada duanya.

2. Tebing Apparalang Bulukumba

Keindahan tebing Apparalang yang terletak di daerah Bulukumba 4,5 jam dari Makassar, destinasi ini rasanya wajib Anda saksikan saat berlibur ke Makassar.

Deretan tebing karang yang memanjang di sepanjang pesisir pantai menciptakan sebuah pemandangan yang tak kalah dengan yang biasa Anda lihat di Bali. Apalagi ketika deburan ombak datang dan menghantam batu-batu karang yang ada di situ, luar biasa!

Agar kunjungan Anda tambah berkesan, terdapat sebuah anjungan kayu di atas karang yang menjorok ke arah laut. Asyik buat duduk-duduk santai atau piknik sambil menikmati keindahan alam. Karena ombak di sini tidak terlalu besar, Anda pun bisa bermain air dan snorkeling kalau mau.

Surga tersembunyi ini tergolong obyek wisata yang masih asri dan belum banyak diketahui orang, makanya sayang sekali kalau Anda tak menyempatkan diri ke sini.

3. Celebes Canyon

Tempat wisata yang masih baru ini terletak di Kabupaten Barru. Netizen menamainya Celebes Canyon karena penampakannya yang sekilas mirip dengan obyek wisata Grand Canyon di Amerika Serikat. Lihat saja sendiri foto-fotonya, terlihat seperti sebuah karya seni nan eksotis bukan?

Destinasi wisata ini bertempat di Kabupaten Barru, sekitar 2 jam dari kota Makassar

Keindahannya yang tiada tara serta aliran air yang tak pernah surut, meski saat musim kemarau, menjadikan tempat ini asyik untuk escape sejenak sambil menikmati aliran air Sungai Ule yang jernih dan sejuk. Bagi para pecinta alam, Celebes Canyon bukanlah tempat yang asing lagi. Namun bagi wisatawan, tempat ini perlahan mulai jadi primadona.

4. Amatoa Resort Bulukumba

Meskipun terletak di ujung selatan daratan Sulawesi Selatan atau sekitar 200Km dari Kota Makassar, namun Tanjung Bira merupakan salah satu kawasan paling indah di provinsi ini. Selain pantainya  yang cantik, alasan lain yang membuat kami jatuh hati dengan tempat ini adalah adanya resort yang memiliki akses tangga langsung menuju laut.

Photo via niindy, tid c

Amatoa Resort benar-benar menawarkan suasana pulau yang tenang dan damai, berbeda dengan Kota Makassar yang begitu dinamis. Pasti Anda tak menduga akan menemukan tempat seperti ini di sekitar Makassar. Walau nama Tanjung Bira sudah cukup populer di kalangan wisatawan, namun Anda tidak akan terganggu dengan ramainya pengunjung ketika berada di resort ini, karena hanya memiliki 9 buah bungalow yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas keren berupa akses langsung ke kolam renang, serta kamar-kamar menghadap lautan.

Keindahan pemandangan yang bisa ditemui di bagian kamar yang langsung berhadapan dengan laut bulukumba.

Jadi tak usah pusing membayangkan harus berdesak-desakan dengan turis lain di Pantai Tanjung Bira, karena Amatoa Resort cukup eksklusif dan juga menawarkan keindahan alam Tanjung Bira yang spektakuler khusus bagi para tamu yang menginap. Karena berada di tebing di ujung selatan Sulawesi, di sini Anda bisa bebas memandang pesona surga tropis. Langit biru, pantai berpasir putih, dan laut yang sejernih kristal tampak sangat serasi dengan konsep resort yang bertema tradisional dengan menggunakan struktur bambu dan kayu ini. Anda pasti takjub mengetahui bahwa tepat di depan resort ini terdapat hamparan terumbu karang yang cantik. Pasti asyik kalau snorkeling di sini.

5. Pulau Samalona

Pulau Samalona adalah pulau yang paling ngetop di gugusan Kepulauan Spermonde. Pulau dengan ukuran mini yang dikelilingi pantai berpasir putih ini terkenal akan pemandangannya yang amat indah. Di sini Anda juga akan menemukan banyak terumbu karang yang cantik, terutama di bagian utara pulau, sehingga jadi tempat ideal untuk ber-snorkeling ria.

 

6. Museum Balla Lompoa Gowa

Kerajaan Gowa yang berdiri sejak abad ke-13 merupakan kerajaan paling berkuasa yang ada di Sulawesi Selatan. Sejarah panjang mereka kini tersimpan dengan rapi di Museum Balla Lampoa, yang dulunya merupakan istana yang dibangun oleh Raja Gowa XXXI.

Dalam Bahasa Makassar, ‘Balla Lompoa’ berarti ‘rumah besar’. Dibangun dengan arsitektur rumah kayu panggung khas Makassar, museum ini menyimpan berbagai koleksi bernilai tinggi peninggalan Kerajaan Gowa. Selain dapat mempelajari silsilah dan sejarah Kerajaan Gowa, para pengunjung pun bisa berfoto mengenakan kostum khas bangsawan Gowa sebagai kenang-kenangan. Dan asyiknya, untuk bisa masuk ke museum ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis.

7. Benteng Fort Rotterdam

Benteng bersejarah yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar ini berdiri sejak tahun 1545. Setelah diadakan restorasi, kini Fort Rotterdam termasuk salah satu peninggalan arsitektur Belanda yang paling terawat dan terjaga di Indonesia.

Area pertama yang wajib dikunjungi di kompleks benteng ini adalah Museum Negeri La Galigo yang menyimpan beberapa artefak dan peninggalan kuno, seperti perahu tradisional, berbagai artefak dari Tana Toraja, alat musik kuno, sampai kostum-kostum tradisional.  Jangan lewatkan pula untuk singgah ke galeri seni di mana Anda dapat melihat langsung Daeng Zaenal Beta melukis dengan media tanah liat.

Kalau Anda ingin belajar lebih banyak tentang sejarah masa lalu Makassar, maka tak ada tempat yang lebih lengkap dan informatif selain Fort Rotterdam. Apalagi lokasinya sangat strategis di pusat kota, sekitar 1km dari Pantai Losari.

Dengan beragamnya pesona daya tarik wisata yang ada di sini, rasanya tepat sekali jika Anda menjadikan Makassar sebagai destinasi liburan selanjutnya. Kami memastikan bahwa tiada momen yang tidak istimewa di Makassar.

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed