oleh

Anda Suka Menyelam ? Inilah Syarat Penting Yang Perlu di Ketahui

Matasulsel – Pernahkah Anda berpikir, bahwa sebelum menyelam, Anda perlu memeriksakan kesehatan gigi? Ternyata hal ini merupakan daftar penting yang harus Anda lakukan sebelum menyelam. Sebab, sebuah survei baru menemukan laporan tentang masalah gigi yang berhubungan dengan menyelam sebanyak 41 persen.

“Meskipun survei yang dilakukan ini masih terbatas, namun hasilnya menunjukkan bahwa orang yang akan menyelam perlu memastikan gigi mereka dalam kondisi sehat dan baik,” ungkap Vinisha Ranna, pemimpin penelitian dari University of Buffalo School of Dental Medicine.

Gigi yang sakit saat menyelam bisa terjadi akibat tekanan di bawah air. Orang tersebut bisa mengalami barodontalgia, yaitu kondisi sakit gigi yang disebabkan oleh peningkatan tekanan di bawah air (bisa juga terjadi  pada ketinggian tinggi akibat tekanan rendah). Sakit gigi akan lebih terasa saat kondisi kesehatan gigi Anda memang sudah buruk sebelum menyelam. Gigi yang sudah rusak sebelumnya, bahkan bisa retak saat Anda menyelam di bawah air.

Beberapa gangguan kesehatan gigi lain yang juga bisa dialami oleh penyelam antara lain sakit di sekitar mulut, akibat memegang pengatur udara terlalu erat, nyeri rahang dan meningkatkan risiko gigi goyang.

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu memastikan kesehatan gigi sebelum memutuskan untuk menyelam, selain memeriksakan kesehatan tubuh secara umum. Anda juga perlu menunda aktivitas menyelam bila sedang menderita sakit gigi. Sebaiknya tunggu sakit gigi Anda sembuh dan pastikan gigi tersebut sudah dalam keadaan baik sebelum menyelam.

Sumber : Bebby Sekarsari

Editor : Syahrul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.