oleh

Asap Sampah Selimuti Makassar, Dokter Onasis : Ini Cara Lindungi Diri Dari Polusi Udara

Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Antang, Kota Makassar, hingga kini masih terbakar. Akibatnya, Kota Makassar diselimuti asap pekat hitam yang berbau menyengat.

Selain jarak pandang menjadi terggangu, warga juga terpaksa memakai masker saat beraktivitas. Kebakaran yang terjadi sejak hari Minggu itu, asap ini juga sudah telah menyelimuti kabupaten Gowa.

Asap yang berbau sampah ini tentunya rentang dengan penyakit. Menurut Dokter Taufiqqulhidayat Ande Latif masalah kesehatan akibat gangguan asap bisa mengakibatkan infeksi saluran pernafasan, asma, penyakit paru obstruksi kronis, dan penyakit jantung.

Lalu, bagaimana cara mencegah dampak polusi udara pada kesehatan kita?

Menurut dokter yang akrab disapa Onasis
untuk melindungi diri dari bencana asap pertama dilakukan hindari atau kurangi aktivitas luar rumah.

Kedua gunakan masker jika keluar rumah. “Selalu memakai masker untuk menghalangi debu polusi udara yang terhirup dan bisa masuk ke saluran pernapasan, khususnya ini warga yang tinggal di sekitar TPAS jangan lepas dari Masker,” kata Dokter Onasis yang Juga Bakal Calon Wali Kota Makassar.

Ketiga, minum air putih lebih banyak dan sering, keempat usahakan agar polusi udara tidak masuk rumah. “Usahakan pintu dan jendela ditutup, agar asap itu tidak masuk kedalam rumah,” tambah Onasus.

Dan terkahir makanan minuman harus terlindungi/ tertutup dg baik. “Jika kesehatan sudah mulai terganggu, sudah ada gejala batuk dan lainnya segera konsultasi ke dokter,” harap Dokter Onasis.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed