oleh

Banjir Besar, Makassar Kurang Daerah Resapan

Makassar, Matasulsel – Banjir kembali melanda di beberapa kawasan di Makassar seperti di Jln Perintis KM 9, sekitar BTN Hartaco Jaya dan sekitarnya. Salah satunya disebabkan oleh kurangnya daerah resapan. Bapak Adi (21) seorang warga yang tinggal di area itu mengungkapkan hal itu.

“Coba lihat sekarang (banjir) di perintis, parah kan? Dulu tidak seperti ini. Dulu kan masih ada resapan sehingga tidak banjir seperti ini” Pak Adi menjelaskan menanggapi banjir yang terjadi, Rabu (23/01).

Menurut pengakuan mahasiswa di salah satu kampus swasta di Makassar ini, banjir memang kadang terjadi di sekitar itu namun dahulu skalanya kecilnya. Lebih lanjut, lebih spesifik Ia menjelaskan bahwa penyebab utamanya ialah adanya perumahan yang dibangun di atas daerah resapan sekitar kompleksnya.

“Betul, ada banjir tapi genangan ji. Jujur saja, setelah ada perumahan yang menempati daerah resapan sehingga larinya air terhambat bahkan tidak ada” Ujarnya.

Ia berharap pemerintah kota segera mengatasi hal ini. Terutama menyediakan tempat resapan air. Kedepan, menurutnya, analisis dampak lingkungan (AMDAL) penting untuk diperhatikan.

“Intinya pemerintah harus peka. Bagaimana pembangunan itu harus memperhatikan aspek lingkungan. Kan, ada AMDAL. Ini penting agar banjir seperti ini tidak terjadi” Tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed