oleh

Berharap Pelayanan Transportasi Lebih Baik, Komisi V DPR RI Kunjungi di Luwu

Luwu Timur, Matasulsel – Sebagai wujud komitmen menghadirkan pelayanan kepada masyarakat, rombongan Komisi V DPR RI yg dipimpin oleh Bapak Ibnu Munzir menyambangi Kabupaten Luwu Tumur (Lutim),Jumat(7/9)

Rombongan berjumlah 15 orang dengan beberapa anggota DPR RI asal Sulawesi Selatan seperti Hamka B Kadi dan Bachrun Daido diterima oleh Bapak Wakil Bupati Lutim, Irwan Bachri Syam dan Ketua DPRD Lutim, H. Amran Syam bersama Stakeholder terkait.

Setibanya di Lutim, Rombongan langsung melakukan peninjauan ke Pelabuhan Penyeberangan sungai Danau Matano dan Danau Tuwoti. Ibnu Munsir mengatakan, bahwa kunjungan ini adalah inisiatif komisi V mengingat di daerah ini butuh penguatan dalam menghadirlan layanan transportasi seperti Jalan dan angkutan penyeberangan sungai.

“Biasanya kunjungan karena ada permintaan Bupati tapi kali ini kami yg berinisiatif mengingat daerah Luwu sangat berpotensi, Danaunya bagus dan danau ini memiliki kedalaman kurang lebih 1000 meter, dan menghubungkan Provinsi Sulawesi Tengah dan Tenggara, Bayangkan anda lihat dermaganya sudah dibangun, Kapal yg melayani adalah Kapal Rakyat atau Pincara yang tidak memenuhi standar keselamatan, olehnya kami bersama Direktur Sarana Ditjen Perhubungan Darat melihat langsung, dan Insya Allah tahun 2019 akan dialokasikan anggaran dengan dana awal 5 M untuk pembangunan kapal”, ujar Ibnu Munzir.

Anggota Komisi V DPR RI, Bachrun Daido yang merupakan asal pemilihan Wilayah Luwu mengatakan, bahwa desakan pembangunan kapal dan penyelesaian lanjutan jalan di Desa Mahalona harus tuntas. “Hari ini saya bawa dari Ditjen Perhubungan Darat, Udara, PDT dan KemenPUPERA. Kepala Balainya semua hadir bahkan Direkturnya, makanya ini menjadi prioritas, kasihan rakyat, mereka harus terlayani”, kata Bachrun.

Lanjut Bachrun, “Contoh kapal Pincara yg minim aspek keselamatan dan ini sudah pernah terjadi kecelakaan, Bus dan kendaraan roda 4 dan 2 tenggalam, ini kan kasian, olehnya kita harapkan kapal 2 unit tahun 2019”, ujar bachrun Daido yang juga mantan Wakil Bupati Luwu.

Di tempat terpisah, Direktur Sarana, Sigit Irfansyah yang didampingi oleh Kepala BPTD Wilayah XIX Sulsel-Bar, Benny Nurdin, berjanji akan memprioritaskan pengadaan kapal untuk lintasan Danau Matano dan Tuwoti secara betahap. “Tahun 2019 kita siapkan dana awal 5 M untuk pembangunan kapal dan kita titipkan pada BPTD, mohon Pak Bupati disiapkan lahan untuk galangan sementara karena kapal akan dibangun di sekitar Danau”, kata Dirsarana ini.

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam, menyambut baik hasil kunjungan kerja Komisi V dan berjanji segera akan menyiapkan lahan, dia berharap kunjungan kerja ini dapat menghasilkan manfaat positif bagi masyarakat. Apalagi memang belum ada kapal yang memenuhi standar kelayakan dan aman untuk masyarakat.

“Terima kasih atas kunjungan kerja Bapak Anggota Komisi V dan para Ditjen di wilayah kami. Kami berharap semoga bantuan kapal Feri ini bisa segera diwujudkan untuk melayani kebutuhan masyarakat,” jelasnya.Wakil Bupati lutim menyambut baik hasil kunjungan kerja komisi V dan berkanji segera akan menyiapkan lahan.

Rombongan Komisi V DPR RI disamping meninjau infrastruktur Danau juga meninjau Bendungan Baliase di Lutra dan Bandara Lagaligo Bua dan mendengarkan ekspose Ka.bandara terkait pembangunan pengembangan Bandara Bua.

“Saya sudah minta sama Pak Menteri untuk bandara ini diprioritaskan, karena mendukung pariwisata di Luwu dan Toraja. Alhamdulilllah run way sudah 1650m dan kita harapkan 2019-2020 agar bisa didarati pesawat bombardir atau Boeing 735, semoga kedepan tambahan pesawat dan harapan masyarakat jenis pesawat ini bisa mendarat, agar masyarakat Luwu bisa langsung ke Jakarta atau Surabaya”, tandas Ibnu.

Terpisah, Direktur Angkutan Udara,Maria Kristi Endah Murni, mengatakan, sangat menyambut baik keinginan komisi V dan berharap kalau ini dikembangkan sekalian saja biar pesawat seri new generation bisa masuk karena generasi bombardir dan seri boeing 735 populasinya sedikit.

“Kami akan support dan tentu dukungan Bapak- Bapak di komisi V”, ujar Kristi sapaan akrabnya disertai senyum.(BN/DW)

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed