Berikut 4 Tips Belanja Online Dengan Aman

oleh

Ekonomi, Matasulsel – Dunia dalam genggaman Anda, begitulah jargon di era dunia digital ini. Hanya dengan mengklik layar smartphone atau dengan meng-klik mouse PC Anda, Anda dapat dengan mudah membeli apapun secara online. Banyak pilihan produk yang ditawarkan, mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan tersier bagi Anda dan keluarga.

Dunia e-commerce telah memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berbelanja di ratusan bahkan ribuan toko online. Untuk membayarnya hanya dengan sentuhan jari tanpa harus beranjak dari sofa empuk di rumah.

Meski menawarkan pengalaman belanja yang nyaman, berbelanja secara online tetap saja membutuhkan kecermatan dari konsumen. Anda perlu tetap waspada karena ada beberapa oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan layanan online untuk kepentingan pribadi mereka. Alih-alih mendapatkan barang impian Anda, Anda malah “menyumbangkan” uang Anda kepada mereka secara cuma-cuma.

Tips Belanja Online Secara Aman
Eits, tunggu dulu, Anda tidak perlu takut atau khawatir untuk berbelanja secara online karena ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan agar kegianta belanja Anda tetap menyenangkan. Simak tips berikut ini:
1. Be Secure
Kartu kredit merupakan jenis pembayaran yang paling banyak digunakan oleh konsumen ketika mereka berbelanja online. Hal yang perlu Anda ingat adalah kartu kredit yang Anda miliki bersifat statis. Itu artinya, nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali jika Anda menutup kemudian membuka kaun baru. Hal ini yang harus Anda perhatikan baik-baik karena begitu informasi pada akun bocor secara online, maka besar kemungkinan akan bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan resiko kebocoran informasi salah satunya dengan memastikan situs jual-beli online tersebut termasuk laman aman. Anda dapat mengamatinya dengan mencari icon gembok kecil di pojok kanan atas URL bar.

Anda juga dapat memastikan keamanan dari sebuah situs dengan cara melihat tambahan huruf “s” pada alamat URL. Situs yang aman akan diawali dengan https:// atau (Hypertext Transfer Protocol Secure). Jika Anda menemukan laman yang belum terjamin keamanannya, biasa laman tersebut berawalan http://.

2. Teliti Laman dengan Seksama Sebelum Anda Membeli
Tips belanja online aman yaitu sebaiknya Anda melakukan transaksi dengan perusahaan yang sudah Anda kenal atau pernah Anda gunakan sebelumnya. Jika Anda harus melakukan pembelian dari situs asing, pastikan Anda melakukan pengamatan kecil mengenai latar belakang toko tersebut.

Toko online yang terpercaya biasanya akan menampilkan minimal nomor telepon atau alamat fisik. Untuk memastikan kebenaran dan keasliannya, Anda dapat menghubungi nomor telepon yang tertera. Kemudian, tanyakan kepada pihak toko mengenai cara melayani complain dan pengembalian barang jika terjadi sesuatu.

3. Debit atau Kredit
Melakukan transaksi online memang sangat nyaman menggunakan kartu. Walau demikian, sebagai tips belanja online aman selanjutnya yaitu, sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit dibanding kartu debit karena kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit sedangkan kartu debit langsung mengambil uang dari tabungan bank Anda. Jika hal tersebut bocor, tentu saja hal ini sangat riskan dan hacker dapat mengacaukan keuangan Anda dengan mudah.

4. Jangan Mudah Memberi Informasi
Ketika Anda melakukan transaksi online, Anda biasanya harus mengisi data yang harus dilakukan seperti mencantumkan nama dan alamat. Toko online sering berusaha untuk mendapatkan informasi lebih sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan seperti gaya hidup dan pemasukan konsumen.

Tips belanja online aman yang perlu Anda lakukan yaitu, jangan pernah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda rasa mencurigakan. Jika Anda menemukan hal seperti itu, sebaiknya Anda mencari toko online lain. (pos)