Dinas PU Makassar Tambah Jumlah Tenaga Kerja

oleh

Makassar, Matasulsel – Sejak kepemimpinan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto penyerapan tenaga kerja di kota ini makin meningkat berkat program kerja yang lahir di bidang kebersihan baik drainase maupun lingkungan masyarakat secara umum.

Gagasan Danny Pomanto sapaan akrab wali kota ini disebut dengan satuan tugas (satgas) drainase dan kebersihan. Satgas kebersihan pun terbagi atas dua komponen, yakni penyapu jalan dan petugas pengangkut sampah. Tercatat, jumlah tenaga kerja yang terserap hingga akhir tahun anggaran 2017 sudah ribuan orang.

“Satgas yang dibentuk SKPD terkait dan pelimpahan kewenangan ke kecamatan tentu memiliki perhitungan, baik menyangkut efisiensi anggaran maupun efektifitas kerja-kerja di lapangan,” kata Danny Pomanto Jumat (19/1/2018).

Bahkan di tahun anggaran 2018 ini, ada penambahan jumlah satgas drainase oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar sebanyak 100 orang. Di tahun sebelumnya, jumlah satgas drainase tercatat 450 orang.

Kepala Dinas PU Makassar, M Anshar mengatakan pihaknya telah menyiapkan anggaran kurang lebih Rp20 miliar untuk membiayai seluruh kegiatan pemeliharaan rutin oleh satgas drainase ke depan.

“Anggaran secara keseluruhan ini sudah termasuk solarnya mi, upahnya mi. Seluruh kegiatan pembersihan saluran,” jelasnya. (*)