oleh

Dosen FKM Unhas Latih Edukator Personal Hygiene Untuk Pendampingan Keluarga Anak Jalanan

Makassar,  Matasulsel – Dilaksanakan Rabu Siang, (15/8/2018). Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan kegiatan Pelatihan Edukator Personal Hygiene kepada 10 orang dari Komunitas Peduli Anak Jalanan (KPAJ) bertempat di Pesantren Pondok Madinah, Sudiang, Jl Perintis Kemerdekaan Km 19 Makassar.

Kegiatan ini sendiri merupakan tahapan agenda pengabdian masyarakat setelah melakukan edukasi personal hygiene pada keluarga anak jalanan di Kota Makassar.

“Pelatihan yang melibatkan KPAJ sebagai mitra potensial dalam pendampingan keluarga anak jalanan ini ditujukan untuk menghasilkan kader-kader edukator personal hygiene yang akan bersentuhan langsung mengedukasi kesehatan dan kebersihan diri dengan sasaran anak jalanan dan keluarganya,” ungkap Suriah di sela sela pemaparannya saat membawakan materi.

Lanjut dia,  harapannya peserta pelatihan akan menjaga sustainability program dalam pendampingan dan edukasi keluarga anak jalanan tentang personal hygiene.

“Intinya, kegiatan ini sangat edukatif bagi mereka/peserta untuk kedepannya,  karena ini menyangkut kesehatan,” tegas Suriah yang juga ketua Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) FKM Unhas.

Muhammad Rachmat yang ikut serta sebagai fasilitator dan juga dosen di Departemen PKIP FKM Unhas menyebutkan bahwa dengan metode pembelajaran interaktif dalam pelatihan calon ini akan memudahkan penerimaan materi dan skill mereka dalam melakukan pemantauan.

“Upaya ini akan memberikan pengaruh positif dalam peningkatan pengetahuan dan tindakan kebersihan diri anak jalanan dan keluarganya,” jelas Rachmat.(*)

 

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed