oleh

Dubes Indonesia untuk Australia: Sulsel Penting Bagi Australia

Makassar, Matasulsel – Dalam kuliah umum “Peluang Kerja Sama Sulawesi Selatan dengan Australia” yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin, Senin (28/01/2019), Duta Besar Indonesia untuk Australia H.E. Y. Kristiarto S. Legowo mengatakan Sulawesi Selatan penting bagi Australia.

Ia mengungkapkan, dalam sejarah perjumpaan orang Australia dan Indonesia, maka orang Makassar yang pertama melakukannya.

“Seperti yang dikatakan tadi bahwa hampir 300 tahun yang lalu, kontak pertama masyarakat Indonesia dan Australia dilakukan oleh orang Makassar,” ungkap Dubes Kristiarto.

Ia memaparkan bahwa di sektor ekonomi, ketika awal-awal menjadi Dubes di Australia, Ia mengadakan bisnis forum di Kota Adelaide dengan membawa pengusaha Sulsel.

“Di awal-awal menjadi Dubes di Australia, saya mengadakan event yaitu Bisnis Forum dan membawa pengusaha Sulsel, misalnya pengusaha kopi. Di Australia Kopi Toraja dikenal cukup enak,” katanya.

Bagi masyarakat Sulsel yang ingin mencari kerja di Australia, Ia mengajak agar memanfaatkan “Working Holiday Visa”. Fasilitas ini ditujukan bagi masyarakat yang berlibur sambil bekerja di Australia. Apalagi menurutnya, banyak masyarakat Sulsel yang memiliki keahlian.

“Untuk menambah penghasilan ekonomi, ada peluang bagi masyarakat Sulsel untuk memanfaatkan ‘Working Holiday Visa’. Apalagi masyarakat sulsel ini terkenal ‘skilful’. Tapi tentunya ada proses seleksi yang dilakukan” ujarnya.

Dubes Kristiarto juga akan memberikan peluang bagi masyarakat Sulsel yang kuliah di Universitas Hasanuddin untuk bisa magang di kantor kedutaan Indonesia Australia.

“Mungkin paling lama nanti magangnya dua bulan,” tutupnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed