oleh

Evaluasi SAKIP, Pemda Lutra Ingin Predikat BB

Luwu Utara, Matasulsel – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara berhasil mendapatkan Predikat B dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) medio Februari 2019 kemarin.

Dalam SAKIP Award, Pemda Lutra sukses menaikkan predikat dari CC pada 2017 menjadi B di 2018. Tahun ini, Pemda Lutra optimistis bisa menaikkan predikat B menjadi BB. Optimisme ini diutarakan Asisten Administrasi Umum, Muhammad Kasrum pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi SAKIP 2018 di Ruang Wakil Bupati, Rabu (6/3/2019) kemarin.

“Alhamdulillah, ada peningkatan penilaian SAKIP kita kemarin, dari CC ke B. Tentu kita berharap ada peningkatan lagi untuk SAKIP tahun ini, minimal predikat BB dulu,” harap Kasrum. Guna mewujudkan itu, ia berharap semua Perangkat Daerah (PD) melengkapi data SAKIP-nya. “Saya harap PD yang belum melengkapi datanya segera dilengkapi,” tegasnya.

Sementara Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur (PA), Muhammad Hadi, mengatakan Rakor dan Evaluasi SAKIP dilaksanakan dalam rangka membahas penerapan manajemen kinerja dan budaya kinerja agar lebih efektif. Ada lima poin yang dibahas pada Rakor dan Evaluasi SAKIP kali ini.

Kelima poin itu: (1) Melakukan analisis terhadap hubungan kinerja dari Kepala Daerah ke PD sampai unit kerja terkecil; (2) Mendorong pembangunan budaya kinerja dengan meningkatkan keselarasan ukuran kinerja organisasi; (3) Mengembangkan aplikasi teknologi keuangan yang terintegrasi; (4) Menguatkan komitmen Kepala PD sampai level organisasi terkecil; dan (5) Meningkatkan kualitas evaluasi implementasi SAKIP.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed