oleh

Forkom KL FKM Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Maros

Makassar, Matasulsel – Memperingati usianya yang ke 17 tahun, Forum Komunikasi Mahasiswa Kesehatan Lingkungan ( FORKOM KL) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas mengadakan Pengabdian Masyarakat di Dusun Kuri Caddi, Desa Nisombalia Kecamatan Marusu Kab. Maros pada tanggal 15-16 September 2018. Desa ini termasuk kawasan pesisir dengan jumlah penduduk sekitar 500 jiwa dengan dan jumlah rumah tangga sebanyak 100.

mahasiswa mengadakan beberapa kegiatan, yaitu penyuluhan PHBS pada anak Sekolah dasar Madrasah Ibtidayyah Al Wasi dan penyuluhan PHBS rumah tangga dan penyuluhan sampah pada ibu-ibu Dusun Kuri Caddi, senam bersama warga desa serta bersih pantai.

Pada kesempatan itu pula forkom berbagi cendera mata pada ibu-ibu dan anak-anak, berupa alat kebersihan gigi dan berupa sabun untuk melakukan CTPS di rumah.

Menurut Alwiah, Ketua Forkom KL, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama, selain itu sebagai wadah untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat agar masyarakat senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat dan juga sebagai bentuk rasa syukur karena dalam kegiatan ini juga di rangkaikan dengan perayaan anniversary Forum Komunikasi Mahasiswa Kesehatan Lingkungan yang ke 17.

Kegiatan tersebut selain dihadiri oleh pengurus, anggota forkom, dan alumni forkom, juga dihadiri oleh dosen-dosen Jurusan KL. Pada malam harinya, dilakukan acara syukuran pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun. Kepala Dusun Kuri Caddi, Bapak Sapri S.Pd.I sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa ini dan mengingatkan fungsi mahasiswa sebagai social control, agent of change, dan pengabdi masyarakat dalam sambutannya pada acara syukuran tersebut.

Turut hadir pada kegiatan ini, Sekertaris Bagian Kesehatan Lingkungan FKM Unhas, Dr. Hasnawati Amqam SKM., MSc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan kebanggaannya karena Forkom KL bisa mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat dan berharap agar anniversary ke 17 ini bisa menjadi momentum bagi Forkom KL agar dapat kembali aktif, berbuat lebih banyak aksi nyata bukan hanya untuk kemajuan Forkom, tetapi juga untuk masyarakat dan negeri ini, sehingga lebih banyak membawa keberkahan dan kebermanfaatan.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD, mengapresiasi kegiatan ini. Kita berharap organisasi tingkat himpunan lainnya juga dapat mengembangkan kegiatan lainnya yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan status kesehatan masyarakat mereka.

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed