oleh

FSPBI Minta Upah Buruh PT Surapandang Cabang Palu Dibayarkan

Makassar, Matasulsel – Pulahan buruh yang tergabung dalam Tim Advokasi Eksternal FSPBI mendatangi kantor pusat PT Surapandang, di Jalan Ir. Sutami, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (6/9/2018).

Kedatangan mereka di kantor pusat PT Surapandang hanya ingin memperjelas nasib mengenai pembayaran upah sejak bulan Juli dan Agustus 2018 tidak kunjung dibayarkan.

Riswanda, salah satu pimpinan buruh menyebutkan ada beberapa orang di Kota Palu, sampai saat ini belum menerima upahnya. Dimana, kata Riswanda kota Palu merupakan cabang dari PT Surapandang.

‘”Perusahaan yang tidak membayarkan upah buruh di kantor cabang Palu merupakan pelanggaran berat. Namun buntut dari tuntutan tersebut berimbas kepada upaya demosi yang dilakukan pihak perusahaan, yakni HRD Rudi Kadiaman,” kata Riswanda.

Riswanda bahkan menduga adanya unsur permainan oleh pihak pimpinan cabang beserta para seles. Selain itu, dia juga menuding adanya tindakan kriminalisasi terhadap buruh, untuk menghindari pembayaran atas hak pesangon buruh.

“Upaya dilakukan PT Surapandang sebagai cara agar pihak buruh merasa takut menuntut hak-haknya. Ini merupakan sistem penindasan dan penghisapan terhadap beberapa buruh yang terjadi 11 dan 12 tahun mengabdi,” ucapnya.

Atas dasar tersebut mereka meminta upah buruh di PT Surapandang cabang kota Palu agar segera dilakukan pembayaran. Tak hanya itu, tindakan premanisme juga kerap terjadi.

Lanjut Riswanda, pihaknya juga meminta pencopotan terhadap Rudi Kadiaman selaku HRD yang diduga selaku dalang dari penyerangan premanisme terhadap buruh (*)

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed