oleh

Gelar Bedah Buku, FKM Unhas Hadirkan Penulis Analisis Kebijakan Kesehatan

Makassar, Matasulsel – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar acara Bedah Buku berjudul “Analisis Kebijakan Kesehatan”. Kegiatan ini merupakan rangkaian Dies Natalis ke-36 FKM Unhas. Acara yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FKM Unhas ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa FKM Unhas serta jajaran Direktur RS Unhas.

Bedah buku ini menghadirkan sang penulis buku yaitu Dr. Dumilah Ayuningtyas, MARS, dan empat orang pembedah buku yaitu dr. Diah Ayu Fitriani, dr. Eko Wahju Tjahjono selaku mahasiswa Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Unhas, Dr. dr. A. Indahwaty Sidin, MHSM selaku Direktur Administrasi Umum dan Keuangan RS Unhas, dan Dr. Syahrir A. Pasinringi, MS. selaku Kepala Departemen Manajemen Rumah Sakit FKM Unhas.

Diawal acara, Dr. Dumillah Ayuningtyas, SKM, MARS memberikan pemaparan mengenai kondisi kebijakan kesehatan saat ini. Dia juga memaparkan berbagai contoh kasus sebelum masuk pada konten buku “Analisis Kebijakan Kesehatan” yang ditulisnya.

dr. Diah sebagai pembicara pertama menyatakan bahwa buku ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena pembahasan mengenai analisis kebijakan sangat sistematis dan mudah untuk dipahami. Senada dengan dr. Diah, dr. Eko juga menegaskan bahwa buku ini sudah sangat lengkap. Buku tersebut tidak hanya berisi uraian mengenai bagaimana cara melakukan analisis kebijakan kesehatan, tapi juga dilengkapi dengan contoh dan studi kasus yang terkait dengan kebijakan kesehatan.

Dalam bedah buku ini, Dr. Indahwaty sebagai pembicara ketiga membahas mengenai buku Analisis Kebijakan Kesehatan ini secara komprehensif, mulai dari tampilan, gaya penulisan, hingga substansi isi buku ini. Menurutnya, buku ini layak menjadi bahan referensi untuk dosen, mahasiswa, praktisi, calon pembuat kebijakan, implementor kebijakan, dan evaluator kebijakan.

Sebagai pembicara pamungkas, Dr. Syahrir membahas mengenai pentingnya melakukan analisis kebijakan kesehatan serta teori-teori dalam analisis kebijakan. “Pemerintahan yang efektif adalah pemerintahan yang memberi hasil sesuai amanat konstitusi, dan menghasilkan kebijakan publik yang baik yang mengutamakan kepentingan rakyat”, kata Dr. Syahrir. Selain itu, beliau juga memberikan apresiasi atas Buku Analisis Kebijakan Kesehatan ini.

Peserta bedah buku yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan praktisi bidang perumahsakitan sangat antusias mengikuti acara ini. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang memberikan komentar, pertanyaan dan apresiasi mengenai buku ini. Hal ini sesuai dengan harapan ketua panitia kegiatan ini, Dr. Fridawaty Rivai, SKM, MARS. (*)

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed