oleh

IKA IPA9-10 Smansa 82 Gelar Baksos Natal dan Pemeriksaan Mata Gratis

Matasulsel, Maros – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) IPA9-10 SMA Negeri 1 (Smansa) Makassar Angkatan 82 menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Natal 2019 yang dirangkaian Aksi Pemeriksaan Mata Gratis di Panti Asuhan Cipta Pahlawan, Dusun Bontobunga, Desa Bontobunga, Kecamatan Moncongloe, Kabupaten Maros, Selasa (17/12/2019) sore.

Belasan alumni IPA9-10 Smansa 82 dipimpin Ketua IKA dr. Suliati Padupai bersama tim medis dari Klinik Mata Orbita Jln A.P. Pettarani Makassar dengan memboyong sejumlah bingkisan paket Natal dan bantuan sembako seperti beras (6 karung), mie instan Indomie (5 dos), telur ayam (7 rak), sirup ABC (2 dos), serta makanan nasi kotak, disambut penuh kegembiraan oleh para anak yatim piatu dan pengasuh panti asuhan.

Kegiatan tersebut diawali dengan ibadah perayaan Natal yang dipimpin Ny. Deacy Adipati dan Ny. Rita Elisabeth serta diikuti oleh seluruh penghuni panti asuhan dan para alumni IPA9-10 Smansa 82 yang beragama Kristen. Usai ibadah dilanjutkan pesan-pesan Natal yang disampaikan oleh Philipus Pakaang dan kidung-kidung Natal ditampilkan para anak yatim piatu.

Setelah ibadah berlangsung, diteruskan dengan Aksi Pemeriksaan Mata Gratis kepada sebanyak 66 orang anak yatim piatu dan 10 orang pengasuh panti asuhan yang dilakukan oleh tim medis Klinik Mata Orbita. Pemeriksaan mata berjalan lancar dengan disaksikan para alumni IKA IPA9-10 Smansa 82 yang hadir dengan mengenakan kostum seragam T-Shirt warna merah maron.

Puncak kegiatan bakti sosial tersebut diwarnai dengan penyerahan bantuan sembako secara simbolis oleh Ketua IKA IPA9-10 Smansa 82 dr. Suliati Padupai didampingi Ketua Panitia Ny. Rita Elisabeth kepada Pengurus Panti Asuhan Cipta Pahlawan, Noviyanti Agus. Kemudian pembagian bingkisan Paket Natal dan makanan nasi kotak buat seluruh anak yatim piatu dan pengurus panti asuhan tersebut.

Ketua IKA IPA9-10 Smansa 82 dr. Suliati Padupai pada kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan baksos dan pemeriksaan mata gratis yang digelar di Panti Asuhan Cipta Pahlawan ini sudah merupakan program rutin organisasi alumni yang dipimpinnya dan selalu dilaksanakan di setiap momen menjelang hari besar keagamaan seperti dalam menyambut Natal maupun Idul Fitri.

“Apa yang kami berikan dan lakukan ini, jangan dilihat dari nilainya. Semuanya itu merupakan ungkapan syukur yang tulus dari para alumni untuk berbagi kasih kepada kalangan yang kurang mampu, terutama di momen menjelang hari besar keagamaan,” tutur dr. Suliati Padupai, dokter spesialis mata yang juga pemimpin Klinik Mata Orbita Makassar.

Pengurus Panti Asuhan Cipta Pahlawan, Noviyanti Agus kepada media ini disela-sela kegiatan menyampaikan rasa terima kasihnya dan sangat terharu dengan kepedulian berbagi kasih yang ditunjukkan para alumni IPA9-10 Smansa 82 dengan memberikan bantuan sembako dan paket bingkisan Natal serta melakukan pemeriksaan mata gratis kepada seluruh anak yatim piatu maupun pengurus panti asuhan.

Noviyanti menjelaskan pula, panti asuhan yang bernaung di bawah Yayasan Cipta Pahlawan saat ini menampung sebanyak 66 orang anak yatim piatu beragama Kristen yang ditangani oleh 10 orang pengasuh. Anak yatim piatu tersebut berasal dari berbagai daerah di tanah air, seperti dari Papua, Maluku, NTB, NTT, Mamasa, Tana Toraja dan Kota Makassar.

“Anak yatim piatu yang ada di panti asuhan ini mulai dari usia balita, anak belum sekolah, SD, SMP, SMA hingga yang sudah kuliah. Di panti asuhan ini, bukan hanya menampung anak yatim piatu saja, tetapi juga anak-anak dari kalangan kurang mampu yang ingin sekolah tapi tidak punya biaya,” pungkas Noviyanti.

Sejumlah alumni IPA9-10 Smansa 82 lainnya yang hadir dalam kegiatan baksos dan pemeriksaan mata gratis di Panti Asuhan Cipta Pahlawan itu diantaranya Ida Farida Ruheng, Muh. Ansharullah Amin, Fikri Syahril, Junias, James Wehantouw, dan Dumondo, SH yang datang secara khusus dari Jakarta.

banner 300250

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed