oleh

Makassar Tuan Rumah BIMP EAGE – IMT GT

Makassar, Matasulsel – Konferensi Expor Perdagangan The 3rd Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East Asean Grouth Areal (BIMP EAGE) and Indonesia, Malaysia, Thailand Gouth Riagek (IMT GT) trade expo conference and matching 2016 berlangsung di Hotel Sheraton Makassar (14/10/2017) pukul 10:00 wita.

 

Dalam konferensi perdagangan tersebut dihadiri oleh tamu dari beberapa Negara yaitu Malaysia, Thailand dan Philippina, Republik Rakyat Thiongkok, India, Miyanmark, dan Australia.

 

Dalam komferensi perdagangan ini, Sulawesi Selatan pada tahun 2016 ini menjadi tuan rumah, namun ini bukan kali pertamanya Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah dalam pertemuan internasional antar negara Asean. Ivent ini merupakan kerjasama sub Asean dari kerjasama Asean yaitu Indonesia, Malaysia, Philippina. Acara ini diadakan 2 (dua) kali setahun secara bergilir antar negara sub Asean, ungkap Sahrul Yasin Limpo saat sambutanya.

 

Perdana Mentri Malaysia Dato’ Abdul Rahman Dahlan dalam sambutanya, dengan adanya kerjasama antar Sub Negara Asean yaitu Indonesia, Malaysia dan Phlillipina diharapkan akan adanya jalur transportasi yang lebih mudah atau jalur langsung untuk memperlancar kerjasama antar Negara Sub Asean terutama Malaysia dan Indonesia. Ada jalur transportasi yang sulit untuk dijangkau misalnya antara Saba dan Makassar akan menjadi penghambat atau memperlambat lajut pertumbuhan ekonomi terkhusus pada masalah kerjama antar Negara Sub Asean ini.

 

Sementara H. M. Jusuf Kalla wakil Presiden RI menjelaskan bahwa ini siatif adanya kerjasama antar Negara Sub Asean ini salah satunya disebabkan karena meningkatnya perdagangan ilegal misalnya antara Malaysia dan Indonesia, Thailand dan Indonesia juga antara Indonesia dengan Negara tetangga lainya.

 

Maka dengan itu dibentuklah kerjasama antaf Negara yang bisa dikelolah oleh Negara untuk kesejahteraan umum.

 

Selesai sambutanta Jusuf Kalla membuka acara konferensi antar Negara sun Asean dalam bidang perdagangan ekonomi dengan resmih dan dilanjutkan dengan photo bersama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed