Melepas Rindu Hidangan Tradisional Bugis-Makassar di PSBM XVII 2017

oleh

Makassar, Matasulsel –Salah satu cara melepas kangen dan kembali mengingat kampung halaman adalah dengan menikmati makanan tradisional.

Karena alasan itulah, pada welcome dinner atau santap malam Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XVII di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Tangka, disajikan beragam makanan tradisional.

Ratusan orang hadir di welcome dinner ini, termasuk Wapres Jusuf Kalla beserta istri Mufidah Jusuf Kalla, Jum’at (30/6/2017) malam.

Beberapa diantaranya seperti pisang epe, pisang ijo, sate dan ketupat, sop konro, bakso dan buras, coto Makassar, mie titi, pallu basa dan es pisang ijo.

Wahyuni, penjual pisang epe yang sering berjualan di Jalan Lamadukelleng sengaja diundang ke Rujab Gubernur untuk mengobati rindu para saudagar Bugis-Makassar terhadap makanan tradisional yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung, Wahyuni juga memboyong gerobak pisang epe ke Rujab Gubernur.

Sementara itu, dua peserta yang hadir malam itu mengaku menikmati makanan yang disajikan.

Suzanna dari Australia menyebut es pisang ijo yang disajikan sangat nikmat dan menjadi pengingat kampung halaman.

Hal yang sama dirasakan oleh Nuraini Sanusi perwakilan KKSS Amerika Serikat, “Di Amerika bahan dasar es pisang ijo ada, saya sering buat, tapi rasa yang ada disini benar benar nikmat.” ujarnya.

Salah satu menu makanan yang cukup ramai diserbu peserta PSBM adalah pisang epe. (*)

(Kusuma Widodo/Matasulsel)