oleh

Mencuci Mobil di Musim Hujan, Secara Aman

Matasulsel – Memiliki kendaraan tak hanya sebatas menggunakan saja, namun diperlukan pemahaman bagaimana cara perawatannya. Seperti halnya dengan perawatan mencuci mobil.

Pekerjaan yang satu ini memang telihat mudah. Apalagi jasa pencucian mobil kini banyak bertebaran. Dengan kondisi cuaca tidak menentu, kadang panas, kadang pula hujan. Mencuci mobil perlu dilakukan secara rutin. Kenapa?

Hampir semua bagian bodi luar mobil terbuat dari plat besi yang dilapisi oleh cat. Bagian ini lama-kelamaan dapat memudar dan berkurang daya tahannya.

Terlebih di musim penghujan, air yang mengandung zat asam bercampur dengan debu dan kotoran akan menempel di bagian bodi mobil. Jika hal ini tidak dirawat dengan baik, maka lambat laun bisa menimbulkan keropos atau karatan.

“Saat musim hujan, disarankan mobil harus dicuci secara rutin minimal satu kali seminggu, terutama di bagian bawah atau kolong mobil yang rawan berkarat,” ucap Budiman, salah satu mekanik jasa pencucian mobil di Jatibening, Bekasi, baru-baru ini.

Dia menjelaskan, ada enam hal yang harus diperhatikan ketika melakukan perawatan mencuci mobil. Yang pertama adalah mobil harus dicuci secara rutin minimal satu kali dalam seminggu.

Langkah kedua, gunakanlah shampoo mobil khusus atau sejenisnya yang mengandung bahan-bahan pencegah karat. Jangan pakai produk rumah tangga, seperti sabun colek atau detergen lainnya.

Ketiga, pakailah busa atau lap khusus. Tidak disarankan mengunakan lap biasa, seperti kain bekas, sebab nantinya kotoran atau pasir yang menempel pada kain dapat menyebabkan bodi-bodi lecet.

Kemudian yang keempat adalah gunakanlah sikat yang halus untuk mencuci bagian roda, seperti ban, velg, serta kaki-kaki bagian kolong mobil.

“Kelima yang harus diperhatikan lagi, jangan pernah mengelap bodi dan kaca mobil dalam keadaan masih berdebu. Hal ini untuk mengindari lapisan kaca dan cat tergores. Tapi sebaiknya, disiram dahulu dengan air agar debu yang menempel pada bagian mobil mencair,” ucap pria yang akrab disapa Tambunan ini.

Dan terakhir kata Budiman, untuk bagian yang menggunakan anti karat, sebaiknya jangan pernah di sikat, cukup dibersihkan dengan sabun atau busa pembersih. Langkah ini guna menghindari lapisan pelindung anti karat tersebut berkurang atau cepat rontok.

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed