oleh

Panen Buah Semangka dan Kacang, Indah : Tanah Di Luwu Utara Itu Sangat Subur

Luwu Utara, Mata SulSel — Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan Panen Buah Semangka dan Kacang Tanah dipengembangan lahan kering tanaman kakao (Rabu, 06/03/19) di Desa Sumillin Kecamatan Masamba.

Panen yang digagas oleh kelompok wanita tani (KWT) Salu Sumillin di atas lahan seluas 1,5 ha dengan waktu panen 65 hari atau kurang lebih 2bulan.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani mengatakan walaupun kegiatan panen ini yang pertama kali kita lakukan, tetapi beberapa bulan yang lalu kita sudah panen dan menikmati hasil panen kita. Bukan hanya hasil panen yang bertambah tetapi jumlah anggota kelompok tani yang sebelumnya berjumlah 27 orang bertambah menjadi 47 orang.

“banyak sekali manfaat yang kita dapatkan kalau kita berkelompok dan kita mudah untuk mendapat bantuan dari pemerintah baik bibit maupun kultivator”

Bupati Indah juga menambahkan khusus diluwu utara semua tanaman yang kita tanam baik tanaman pangan maupun hortikultura semua pasti tumbuh karena tanah diluwu utara sangat subur.

“selamat panen untuk warga desa sumillin, insha Allah jembatan penghubung antar desa maipi dan desa sumillin akan kita benahi serta pengaspalan jalan 1000m akan ditambah dengan anggaran 1,6 milliar dan terimakasih kepada semua masyarakat yang telah mendukung pemerintah dalam pembangunan dikabupaten luwu utara.

Sementara itu, Kepala Desa Sumillin Haeruddin menyampaikan terimakasih atas kehadiran pemda dalam panen buah semangka dan kacang tanah tanah. Desa sumillin adalah salah satu desa terpencil dari 20rb desa terpencil yang ada diindonesia.

“untuk hasil panen perdana buah semangka dan kacang tanah bulan ini hasilnya sangat bagus walaupun curah hujan yang tidak baik”.

Haeruddin juga berharap kelompok wanita tani (KWT) Salu Sumillin mendapat bantuan bibit dan kultivator dari pemerintah daerah.

Pada kegiatan panen ini, turut hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Armiady, Camat Masamba Ari Setiawan, para anggota Kelompok Tani (KWT) dan Para Tokoh Masyarakat Desa Sumillin Kec. Masamba.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed