oleh

Pecah Rekor Raihan Suara, Ini Kata Pengamat Soal RMS

-NEWS-95 views

Makassar, Matasulsel – Ketua DPW Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS) nyaris meraih 120 ribu suara pada pemilu 17 April 2019 lalu. RMS yang maju di Dapil III Sulsel bahkan ‘menumbangkan’ suara beberapa petahana di dapil tersebut.

Raihan suara mantan bupati Kabupaten Sidrap dua periode itu karena kerja keras yang dibangun selama ini. Pengamat politik universitas islam negeri alauddin makassar (UIN AM) Firdaus Muhammad menilai keberhasilan RMS di Pileg tak lain karena citra, ketokohan dan keberhasilannya nya selama memimpin Sidrap selama 10 tahun.

Selain itu, keberhasilan RMS juga dinilai firdaus muhammad karena belajar dari kekalahan beberapa usungan Nasdem yang gagal di pilkada. Citra Partai Nasdem yang makin membaik selama ia memimpin partai besutan Surya Paloh itu juga dianggap menjadi magnet bagi RMS dalam pileg 2019.

“RMS kerja keras dalam pileg. Tentu belajar dari kekalahan beberapa usungan Nasdem gagal di pilkada. RMS juga memiliki ketokohan dan dukungan partai. Citra Nasdem cukup baik dan raihan suasanya signifikan dibanding sebelumnya. Posisi ketua partai juga untungkan RMS”, ungkap Firdaus Muhammad via Whatssapp, Sabtu (11/05/2019).

Sementara itu, pengamat politik Azwar Hasan menilai raihan suara RMS yang 120 ribu sangat luar biasa namun wajar, mengingat partai Nasdem memiliki performa yang cukup baik di Sulawesi Selatan. Posisi ketua DPW yang dijabat RMS juga dinilai azwar menguntungkan RMS di pileg. Dimana, RMS memiliki kewenangan untuk menggerakkan struktur partai.

“Wajar, karena RMS ini kan mantan bupati, dengan segudang prestasi. Poisisnya sebagai ketua DPW sangat memungkinkan untuk menggerakan anggota partai untuk mendulang suara di dapilnya. Jadi sangat diuntungkan sekali”, ungkap komisioner Komisi Informasi Publik Provinsi Sulsel (KIP), Azwar Hasan, Sabtu (11/05/2019).

Proses rekap provinsi berlansung sejak rabu, (8/05/2019), dan masih berlangsung sampai hari ini di Hotel Harper Makassar. Dari data sementara RMS meraih 120 ribu suara, jumlah ini memecahkan rekor yang sebelumnya di peroleh oleh putri mantan gubernur Sulsel Indira Chunda Thita SYL sebanyak 104 ribu suara di pileg 2014 lalu. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed