oleh

Peduli Pentingnya Pemberitaan, Komunitas PA Gelar Bincang Jurnalistik

Oleh: Widyawan Setiadi (Anggota Pecandu Aksara)

Makassar, Matasulsel – Komunitas yang giat mengkampanyekan budaya Literasi di Kota Makassar, Pecandu Aksara kembali menggelar talkshow inspiratif seputar dunia jurnalistik. Bertempat di Cafe Mang Uwo, Jalan Faisal XII Makassar, Minggu (10/12/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan gambaran umum kepada masyarakat bahwasanya dunia jurnalistik tidak layak dipandang sebelah mata. Pasalnya, hari ini terlalu banyak berita hoax yang muncul di berbagai media.

Kegiatan ini turut menghadirkan Karman Kurniawan (Pimpinan Redaksi matasulsel.com) dan Fachri Djaman (Redaktur Makassar.terkini.id) sebagai narasumber.

Menurut Karman Kurniawan selaku Pimred matasulsel.com, pekerjaan jurnalis adalah pekerjaan kemanusiaan. Pekerjaan yang notabenenya lebih pada membangun opini publik.

“Kalau kita mau jadi jurnalis, harus berangkat dari keresahan diri sendiri. Harus siap lelah dan harus siap kehilangan intensitas waktu bersama keluarga,” lanjut alumni ATIM ini.

Sementara Fachri Djaman menuturkan, media dapat mengubah kehidupan orang lain, sebab media menyediakan berbagai informasi dan inspirasi untuk dikonsumsi oleh khalayak umum.

“Banyak orang yang berubah pola pikirnya karena membaca berita di media. Banyak juga pelajaran yang bisa kita ambil dari informasi di berbagai media. Masyarakat juga harus jeli dalam menyaring berita, jangan dikonsumsi begitu saja tanpa mencari tahu fakta dan kebenarannya,” pungkasnya.(*)

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed