oleh

Pemkab Lutim Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye Introduksi Imunisasi MR

Luwu Timur, Matasulsel.com – Asisten III Bidang Administrasi Umum,Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.  Aini Endis Anrika membuka Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye Dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) Tingkat Kabupaten Luwu Timur, di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur.

Aini Endis Anrika yang juga mantan Kadis DPPKAD Luwu Timur ini mengatakan, Sosialisasi pemberian imunisasi Measles rubella ini dilakukan agar program Pemerintah berlangsung sukses sampai ke masyarakat. Sehingga semua anak warga Kabupaten Luwu Timur, mendapat manfaat imunisasi.

”  sudah menjadi  tugas semua pihak baik Pemerintah melalui Dinas Kesehatan, Puskesmas, Posyandu bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia untuk dapat menyampaikan secara gamblang mengenai kandungan vaksin, dampak maupun manfaatnya. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan keragu-raguan warga terhadap pemberian vaksin ” jelasnya.

Menurutnya, pada bulan Agustus mendatang, semua anak mulai usia 9 bulan sampai usia 15 tahun, akan diberi imunisasi Measles dan Rubella (MR). Dikatakannya, program nasional ini yang harus berjalan baik. Dengan harapan, sosialisasi tersebut dilaksanakan seluruh masyarakat yang memiliki anak usia tersebut.

“Mari lakukan gerakan serentak semua pihak, agar warga masyarakat selamat karena apa yang dilakukan Pemerintah untuk melindungi warga masyarakat, karena fungsi vaksin sendiri adalah upaya pencegahan dari berbagai penyakit yang telah melalui penelitian, uji coba, jalur yang benar/legal untuk menyelamatkan jiwa,” jelas Endis.

Imunisasi yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia diharapkan bisa terlaksana sepenuhnya di Kabupaten Luwu Timur. Olehnya itu dirinya  berharap, Perangkat Daerah, Kecamatan, Pemerintahan Desa, Kader PKK dan Yankes bisa memberikan sosialisasi dan pemahaman akan manfaat imunisasi tersebut.

“Kita harapkan agar semua elemen yang terlibat bisa memberi pamahaman yang benar dan utuh tentang rencana kampanye MR ini nanti,” pungkasnya

Kabid P2PL Dinkes Luwu Timur melaporkan bahwa  Alfrida Lembang mengatakan, tujuan umum dilaksanakannya kegiatan  kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah  meningkatkan kekebalan masyarakat terhadap campak dan rubella secara cepat, memutuskan transmisi virus campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella serta menurunkan angka kejadian CRS.

Sosialisasi akan dilakukan oleh tenaga kesehatan, baik dari pelayanan kesehatan milik Pemerintah dan swasta di sekolah, serta di masing-masing pelayanan kesehatan seluruh Kabupaten Luwu Timur.

“Meski pelaksanaan Kampanye Measles dan Rubela akan dilaksanakan pada Agustus sampai September 2018, sosialisasi kami intensifkan kembali agar masyarakat mengetahui kapan dan apa manfaatnya,” jelas Alfrida

Narasumber kegiatan dari MUI Kab Luwu Timur, KH. Suardi Ismail dan  Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan, Seksi Imunisasi dan Survailans yang ditunjuk untuk mendampingi Dinkes Kabupaten Luwu Timur selama Penyelenggaraan Kampanye Measles dan Rumbela (MR).

Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye Dan Introduksi Imunisasi Measles Rubella (MR) dihadiri oleh Anggota DPRD Luwu Timur, Sarkawi A. Hamid, Ketua MUI, Suardi Ismail, Perwakilan Polres Luwu Timur, Kadis Kesehatan, dr. April, Camat, serta/ Organisasi Kemasyarakatan.

Reporter: Yustus/Yul

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed