oleh

Peringati Dies Natalis ke 37, FKM Unhas Gelar Pengabdian di Pulau Kodingareng

Makassar, Matasulsel – Salah satu rangkai kegiatan Dies Natalis FKM Unhas ke 37 menggelar Pengabdian Masyarakat di Pulau Kodingareng, Sabtu (19/10/2019).

Tim pengabdian Masyarakat FKM Unhas

Kegiatan yang dihadiri oleh Dekan FKM Unhas Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med. Ed., Wakil Dekan III FKM Unhas Prof Sukri Palutturi, SKM, M.Kes, MScPH, Ph.D serta Pimpinan Departemen di lingkup FKM Unhas dihadiri oleh  Camat, Kepulauan Sangkarrang, Lurah Pulau Kodingareng dan Kepala Puskesmas Kodingareng.

Aminuddin Syam mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang perlu dikembangkan mengingat fungsi Tridarma Perguruan Tinggi salah satunya adalah pengabdian masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui status kesehatan masyarakat di Pulau Kodingareng.

Acara pengabdian masyarakat FKM UNHAS dibuka secara resmi oleh Camat Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar, dalam sambutannya Camat Kep. Sangkarrang sangat mengapresiasi tim pengabdian masyarakat dari FKM Unhas mengingat masih banyaknya persoalan kesehatan yang sangat membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak terkait, salah satunya perguruan tinggi.

Tim pengabdian masyarakat Departemen Epidemiologi FKM UNHAS yang terdiri dari Dr. Wahiduddin, SKM, M.Kes, A. Selvi Yusnitasari, SKM, M.Kes., Werda Murti, SKM dan Suriani  melayani kurang lebih 100 warga Pulau Kodingareng yang antusias mengikuti kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular (PTM) berupa pengukuran berat badan, tinggi badan, tekanan darah serta wawancara faktor risiko PTM seperti perilaku konsumsi makanan berisiko, konsumsi buah dan sayur, perilaku cuci tangan,  perilaku merokok dan penggunaan tembakau, aktifitas fisik, perilaku minum minuman beralkohol kepada warga Kelurahan Pulau Kodingareng Kecamatan Kepulauan Sangkarrang

Selain itu juga dilakukan penyuluhan Perbaikan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) rumah tangga. menggunakan lembar balik berupa Panduan Surveilans PHBS yang diikuti oleh ibu-ibu warga Pulau Kodingareng dan diberikan tanya jawab kepada ibu-ibu tentang 10 indikator PHBS yang harus diketahui. Tanya jawab dikahir dengan pemberian souvenir. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed