oleh

Pidato Presiden Jokowi Terselip Pepatah Bugis, Ini Maknanya

Jakarta, Matasulsel – Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato perdananya usai dilantik bersama Ma’ruf Amin di Gedung MPR DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2019).

Dalam penggalan pidato Jokowi lainnya, ia memuji mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang telah menemaninya di periode pertama. Bahkan terselip dalam pidatonya sebuah pepatah dari suku Bugis-Makassar.

“Pura babbara’ simpeku, pura tangkisi’ gollikku” yang maknanya berupa komitmen. “Layarku sudah terkembang, kemudiku sudah terpasang. Kita bersama menuju Indonesia maju,” katanya menyerukan semangat pantang surit orang Bugis-Makassar.

Di awal-awal pidato Jokowi, ia menyebut, bersama Ma’ruf bakal melanjutkan pembangunan infrastruktur di periode 2019 – 2024 ini.

Pada periode keduanya, Jokowi memastikan akan bergerak cepat dalam pembangunan infrastruktur, terutama di sektor perdagangan dan wisata.

“Pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi. Yang mempermudah akses ke kawasan wisata,” sebutnya.

Tidak hanya itu, ia juga meminta agar para pejabat dan birokrasi serius dalam bekerja.

Hal itu semata-mata agar tercapainya program pembangunan yang menyeluruh.

“Saya juga meminta kepada menteri, pejabat dan birokrat agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Bagi yang tidak serius saya tidak akan beri ampun. Pasti saya copot,” tegasnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed