oleh

Pusdiklat JOIN Pentingnya UKW

Makassar, Matasulsel – Menyikapi kian pentingnya meningkatkan kompetensi wartawan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Jurnalis Online Indonesia (JOIN), akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke 2 tahun 2018, Desember mendatang.

Demikian diungkapkan Kapusdiklat JOIN, Zulkarnain Hamson usai meninjau lokasi Pusdiklat JOIN di kawasan BTP Makassar, Senin 12 November 2018.

Menurut Zulkarnain, yang kini tengah menyelesaikan program doktoral ilmu Komunikasi di Unhas, kebutuhan UKW sudah mendekati tahap wajib. Sekalipun saat ini kesadaran pemilik media online masih terbilang rendah, terkait kesadaran pentingnya mensertifikasi wartawannya.

Bahkan saat ini masih banyak portal berita dipimpin oleh Pemimpin Redaksi (Pemred) yang tidak pernah mengikuti UKW. Mengantisipasi hal tersebut, Pusdiklat JOIN merencanakan bimbingan teknis yang gratis baik wartawan anggota maupun non anggota JOIN.

Direncanakan bimbingan akan melibatkan sejumlah akademisi maupun wartawan senior di Makassar. Saat ini JOIN Sulsel mendapat legitimasi kurang lebih 40 tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, 35 orang diantaranya guru besar dengan 10 bergelar Profesor.

Ketua DPW JOIN Sulsel, Rifai Manangkasi, mengakui organisasi yang dipimpinnya baru berusia setahun dan kini telah memiliki pengurus daerah di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel.

Pada Workshop jurnalistik online dan bimtek angkatan 1 diikuti kurang lebih 60 orang dan berhasil meluluskan 41 orang jurnalis online, yang saat ini bekerja di kurang lebih 26 portal berita.(*)

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed