oleh

Rahasia Nurdin Halid Tetap Prima dan Awet Muda

Makassar, Matasulsel – Calon Gubernur Sulsel, Nurdin Halid (NH), tetap bugar dan awet muda meski usianya menginjak 59 tahun. Bahkan, di tengah kesibukan nyalon pada Pilgub Sulsel 2018 yang sangat menyita waktu dan energi, NH tampak selalu fit dalam menjalani aktivitas kesehariannya.

Setiap hari, NH diketahui melakoni berbagai aktivitas dalam kapasitasnya sebagai elite Golkar sekaligus Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). Kesibukan itu kian bertambah setelah memutuskan bertarung pada kontestasi politik di Sulsel.

Sejak mengikrarkan diri pulang kampung untuk mengabdi membangun Sulsel Baru, NH diketahui telah berkeliling Sulsel untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dalam beberapa bulan terakhir, pasangan Aziz Qahhar Mudzakkar itu telah mengunjungi sedikitnya 160 dari 307 kecamatan se-Sulsel.

Rahasia di balik tetap bugar dan awet mudanya NH meski dihadapkan dengan sederet kesibukan dan tantangan ternyata ada pada kemampuan manajemen diri. Sejak muda, pria kelahiran Bone itu telah menempa dirinya sebagai pribadi yang disiplin.

“Resepnya mudah kok. Tinggal bagaimana mengajari diri untuk selalu disiplin, ya harus mampu manajemen diri. Dan, itu memang wajib dimiliki sosok pemimpin,” kata NH, Senin, 19 Februari.

NH memaparkan manajemen diri meliputi berbagai hal. Mulai dari pengaturan terkait waktu kerja, makan, istirahat, hiburan dan olahraga. Soal makanan agar tetap fit, ia menyebut tidak ada menu khusus, yang penting gizi seimbang. Tidak kalah penting, pola makan dan olahraga yang teratur.

Di tengah kesibukan, NH memang dikenal sebagai sosok yang mampu membagi waktu dengan sangat baik. Ia tetap rutin berolahraga dan berkumpul dengan keluarga meski porsinya sedikit berkurang. Mantan Ketua PSSI itu juga berusaha untuk istrihat yang cukup, semisal dalam perjalanan keliling daerah.

NH menegaskan kemampuan manajemen diri hendaknya dimiliki setiap pemimpin. Jika bisa mengatur diri sendiri, akan mudah memimpin orang banyak. “Kalau mengurus diri sendiri saja tidak bisa, jangan berharap banyak,” tegas dia.

Di usianya yang telah lebih dari separuh abad, NH juga tetap terlihat awet muda. Apa rahasianya? NH menyebut sangat sederhana. Cukup biasakan diri hindari stres. Masalah yang dihadapi, sambung dia, mesti dihadapi dengan ikhlas. Dengan begitu, hidup akan senantiasa tenang.

“Saya tidak pernah bawa persoalan di luar saat pulang ke rumah. Makanya saya tidak cepat tua, karena saya ikhlas menjalani apa pun,” pungkasnya. (*)

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed