Tindaklanjuti Instruksi IYL, PMI Kerahkan Relawan Evakuasi Korban Banjir

oleh

Makassar, Matasulsel – Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel bergerak menurunkan relawannya membantu korban banjir di sejumlah titik di Makassar, selama dua hari terakhir.

Organisasi kemanusiaan yang dipimpin Ichsan Yasin Limpo (IYL) di Sulsel ini, mengevakuasi korban banjir di kompleks perumahan BTN KODAM III, Makassar, sejak Pukul 02.00 Wita dinihari.

Bersama relawan dan tim dari instansi pemerintahan yang fokus pada penanganan bencana, para relawan PMI mengevakuasi korban banjir menggunakan perahu karet milik BPBD Kota Makassar.

“Relawan masih terus siaga di lokasi banjir, termasuk tempat evakuasi. Untuk sementara ada 20 relawan kami kerahkan,” papar Staf PMI Sulsel, Supriadi, Rabu (20/12/2017) sore.

Menurut dia, semenjak mendengar kabar banjir, pihaknya langsung turun ke lokasi untuk mencegah jatuhnya korban jiwa. Apalagi, sehari sebelumnya, IYL menginstruksikan untuk siaga dan sigap dalam mengantisipasi dan menangani bencana alam.

Selain membantu evakuasi di perumahan Kodam, PMI Sulsel juga terus memantau perkembangan di sejumlah daerah lainnya yang dilaporkan banyak tergenang air.

“Kita terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan kabupaten/kota untuk tindaklanjut penanganan jika sewaktu waktu terjadi bencana atau banjir,” papar Adi sapaan akrab Supriadi.

Sehari sebelumnya, IYL yang tak lain Ketua PMI Sulsel memimpin koordinasi di sekretariat sementara PMI, guna memastikan semua perangkat yang dimiliki bisa digerakkan sewaktu-waktu di semua kabupaten/kota.##