oleh

Unggul di Lima Sesi Debat, IYL-Cakka Kembali Tunjukkan Kualitasnya

Jakarta, Matasulsel – Kualitas dan pengalaman memang menjadi. Setidaknya ini yang terlihat di penampilan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar di Debat Kedua Pilgub Sulsel.

Selama lima sesi di debat yang disiarkan langsung Metro TV itu, jutaan mata rakyat Sulsel, maupun Indonesia harus mengakui keunggulan pasangan nomor urut 4. Mulai dari kekompakan, pemaparan, programnya, hingga pertanyaan dan jawaban yang terukur.

Baik IYL maupun Cakka tampil sangat tenang di debat. Ia mampu membuktikan kualitasnya, sekaligus data yang disampaikan sangat realistis. Termasuk ketika memberikan jawaban ke kandidat yang mengajukan pertanyaan.

Selain pengamat komunikasi Unhas Dr Iqbal Sultan yang menilai IYL unggul di debat, kalangan akademisi lain juga memberikan penilaian yang sama terhadap kemampuan duet usungan koalisi rakyat itu.

Akademisi Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar, Syahrir Karim mengatakan, IYL maupun Cakka mampu memanfaatkan berbagai keberhasilannya di debat.

Seperti keberhasilan Ichsan YL memimpin Kabupaten Gowa terutama dalam bidang kesehatan, menjadi bukti bahwa ia memiliki kemampuan menjadi seorang pemimpin yang amanah dan peduli dengan kepentingan rakyat.

Bahkan, kata dia, rumah sakit adalah poin utama penunjang kesehatan masyarakat. Dengan berhasilnya ia menaikkan tipe RS di Kabupaten Gowa adalah sebuah prestasi besar yang sangat membanggakan.

“Menaikkan tipe RS dari C ke tipe B adalah prestasi yang patut diapresiasi. Dari tipe C ke B merupakan buah ikhtiar pemimpin yang punya care atas peningkatan pelayanan kesehatan yang maksimal,” kata Syahrir Karim.

Sehingga dengan modal tersebut, lanjutnya, Ichsan YL bersama pasangannya Andi Mudzakkar telah memiliki salah satu modal awal menjadi seoarang pemimpin.

Karena sudah pasti bekal Ichsan YL di Kabupaten Gowa akan sangat membawa pengaruh besar bagi Sulsel kedepannya.

“Jadi secara umum, saya kira prestasi dan pengalaman cagub otomatis akan menjadi bekal dalam membangun gagasan-gagasan besar disaat menjadi gubernur kelak kalau terpilih,” tandasnya.

Keunggulan IYL dan Cakka dalam debat kali ini juga banyak diperbincangkan oleh netizen dan publik yang menyaksikan debat. Mereka terkesima dengan komitmen dan pemaparannya.

“Harus diakui kalau memang IYL Cakka punya pembeda. Ia sangat rileks dan enjoy mengurai berbagai komitmen dan programnya. Dan itu berbasis kinerja yang sudah dijalankan. Itulah kenapa dia unggul di debat,” papar Wahyuddin, pemerhati demokrasi Sulsel. (*)

 width=

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed