Wakil Ketua DPRD Jeneponto Harap Musrenbang Di Kelurahan Panaikang Hasilkan Skala Prioritas

  • Whatsapp

JENEPONTO, MATA SULSEL – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Panaikang, Kecamatan Binamu, dihadiri oleh dua anggota DPRD Jeneponto, Senin (25/1/2021).

Kedua anggota DPRD Jeneponto tersebut tergabung dalam fraksi Persatuan Pembangunan Rakyat atau FPPR yaitu Imam Taufiq Bohari dari partai PPP yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jeneponto dan H.Abd.Rasyid Bella dari Partai Hanura.

Bacaan Lainnya

Dalam forum Musrenbang tersebut muncul beberapa usulan dari masyarakat. Namun demikian, Imam Taufiq Bohari dalam sambutan dan pemaparannya menyampaikan bahwa karena keterbatasan anggaran maka setiap usulan harus dipilah dengan menggunakan skala prioritas.

Imam Taufiq mengatakan pihaknya harus mampu memilah antara keinginan dengan kebutuhan sehingga semua elemen masyarakat harus bermufakat untuk mengusulkan program yang dianggap sangat mendesak dan dibutuhkan oleh masyarakat banyak, jelas Imam Taufiq.

Lebih lanjut, Imam Taufiq menambahkan bahwa usulan-usulan program pembangunan yang masuk dalam forum musrenbang tersebut juga dapat diarahkan untuk pendanaannya ke APBD provinsi maupun untuk program nasional pemerintah.

Dalam sesi dialog pada forum Musrenbang tersebut terungkap bahwa dari sekian banyak usulan program maka ada dua program kegiatan yang masuk kategori mendesak untuk segera ditindaklanjuti yaitu perbaikan plat decker untuk mengatasi masalah banjir atau luapan air yang selalu terjadi setiap tahun.

Kemudian pembukaan bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang sudah sekian lama selesai bangunannya tetapi sampai sekarang tidak dapat difungsikan karena ada kendala teknis terkait penyelesaian bangunan pustu tersebut.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, Imam Taufiq menanggapi untuk segera berkoordinasi dengan dinas terkait. In Sya Allah, setiap masalah akan mendapatkan solusi jika semua stakeholder membuka ruang komunikasi dan koordinasi serta didukung dengan adanya kemauan dan komitmen bersama untuk melakukan perbaikan demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, tambah Imam Taufiq.

Pada bagian akhir penyampaiannya Wakil Ketua DPRD Jeneponto Imam Taufiq Bohari memberikan apresiasi kepada semua pihak dan perwakilan OPD yang hadir dalam forum Musrenbang tersebut sembari memberikan masukan dan tantangan kepada Lurah Panaikang untuk melakukan perbaikan data base kependudukan yang berhubungan dengan data kemiskinan, pertanian maupun data tentang kesehatan.

Untuk mewujudkan Jeneponto SMART maka salah satu hal mendasar yang harus mendapatkan perhatian untuk diperbaiki dan dibenahi adalah data riil kondisi masyarakat sampai di lapisan terbawah supaya program-program pemerintah untuk bantuan sosial, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat tepat guna dan berdaya guna, pungkas Imam Taufiq.

Turut hadir dalam forum Musrenbang yang dibuka oleh Kepala Kelurahan Panaikang tersebut beberapa perwakilan OPD seperti Bapppeda, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Kesbangpol, Dinas Perdagin, Badan Ketahan Pangan dan Kepala Wilayah Kecamatan Binamu. (*)

Pos terkait