Wujudkan Jeneponto Hijau, Bupati Iksan Iskandar Pimpin Penanaman Pohon

  • Whatsapp

JENEPONTO, MATA SULSEL – Memasuki musim penghujan di Kabupaten Jeneponto, Bupati Drs. H. Iksan Iskandar M. Si didampingi Wakil Bupati H. Paris Yasir SE, Kapolres Jeneponto AKBP Yudah Kesit Dwijayanto dan Dandim 1425 Jeneponto Letkol Gustiawan Ferdianto memimpin kegiatan penanaman pohon serentak diseluruh kecamatan dikabupaten Jeneponto.

Pada kesempatan tersebut Bupati Jeneponto Iksan Iskandar secara simbolis menanam pohon di sepanjang Poros Nasara-Boyong, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto, Jumat (08/01/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan penghijauan ini mengangkat tema “Mari Menjaga Kelestarian Lingkungan Dengan Gerakan Jeneponto Hijau.” Kegiatan ini merupakan hal yang sangat positif bagi alam dan kelestarian lingkungan yang dilaksanakan serentak di seluruh kecamatan kabupaten Jeneponto.

Kegiatan penanaman pohon ini disambut antusias Komunitas pecinta lingkungan, OKP dan masyarakat, dengan adanya kegiatan ini secara langsung dapat menjaga kelestarian alam agar dapat terwujud dengan baik di wilayah Kabupaten Jeneponto.

“Pada kesempatan ini pemerintah berserta masyarakat harus saling bahu-membahu dalam mewujudkan pelestarian alam salah satunya dengan menanam pohon, baik di pekarangan rumah maupun dilahan-lahan kosong yang tidak digunakan. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berkelanjutan, sehingga langkah penghijauan ini bukan hanya menjadikan Jeneponto hijau tapi lebih lestari lagi dan mampu menekan pemanasan global,” harap bupati seperti yang dikutip oleh Kabid Humas Kabupaten Jeneponto Mansur.

Sementara itu, dengan bersamaan penghijauan diselenggarakan diseluruh kecamatan dikabupaten Jeneponto yang kemudian dibagi menjadi beberapa zona antara lain oleh Kodim 1425 Jeneponto bersama masyarakat menanam di kelurahan Panaikang romanga dan hutan kota, OPD menanam di sepanjang poros jln. lingkar, Polres bersama-sama BPBD dan dinas Perhubungan Jeneponto menanam di Bepetarum, sedangkan camat dan Lurah menanam dimasing-masing wilayahnya, seperti yang diharapkan Bupati Jeneponto.

Hal ini bertujuan untuk melindungi bumi dari bahaya pemanasan global yang semakin terjadi. Ketidakpedulian manusia menjadi salah satu sumber utamanya seperti melakukan penebangan pohon sembarangan di hutan, pencemaran polusi udara yang berlebihan serta mengurangi efek rumah kaca. Melalui penanaman pohon serentak ini diharapkan bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Kabupaten Jeneponto, Adapun jenis pohon yang ditanam pada trembesi serta tanaman lainnya.

Turut mendukung penanaman pohon ini yakni pihak DPRD Jeneponto, KNPI, Karang Taruna, HPMT, HMI, PMII, GP ANSOR, SAPMA Pemuda Pancasila, DPD AMPI, BKPRMI, KPP, dan LAPMAS. (*)

Pos terkait