BAK Luncurkan Buku Karya Dr. Alimuddin, Pertanda Pembentukan Sahabat Literasi

Arifuddin Lau
25 Mar 2024 16:09
EDUKASI 0 857
3 menit membaca

JENEPONTO – Tim Jelajah Ramadhan Berkah (Tim JRB) mendapatkan kesempatan dan undangan dari Ketua Forum Nasional Penerima Penghargaan Tertinggi Nugra Jasa Dharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Bachtiar Adnan Kusuma saat menggelar Buka Puasa Bersama dan Talk Show Literasi, Sabtu, (23/3/2024).

Bertempat di Cafe 88 Pakkaterang, Kelurahan Balang Toa, BAK sapaan akrab Baktiar Adnan Kusuma, menjelaskan secara lugas Transformasi Membaca Cegah Terjadinya Kemiskinan Struktural.

Kegiatan buka puasa dan talkshow melibatkan Pegiat Literasi, Forum TBM, Kepsek, Pustakawan, Forum Duta Baca Jeneponto dan Tokoh Masyarakat.

Bachtiar Adnan Kusuma, sebagai Pembicara Prolog yang memimpin Peluncuran Sahabat Literasi Dr. Alimuddin dipandu Duta Baca Kabupaten Jeneponto, Bukamaruddin dengan pembicara lainnya Kepsek SMA Negeri 2 Jeneponto, Timung, SPd MPd, Tim JRB, Ketua Forum TBM Jeneponto, M. Yanis.

Menurut Bachtiar Adnan Kusuma, pihaknya sengaja meluncurkan Sahabat Literasi Kabupaten Jeneponto dan Bantaeng, selain Ia ingin memperkuat semangat soliditas, semangat sinergi dan kolaboratif sesama pegiat literasi di Kabupaten Jeneponto.

BAK, menguraikan lewat Sahabat Literasi Kabupaten Jeneponto bisa menjadi perekat hubungan sesama pegiat literasi.

Tujuannya, kata cucu dari Tokoh Pejuang Laptur Kapten M. Ali Daeng Gassing ini, kita berharap dengan Forum ini bisa menjadi sumbu, dan bengkel gagasan sekaligus curah pemikiran untuk dipikirkan dan dikerjakan secara berkesinambungan .

Nah, pertanyaannya kata BAK, apa hubungan kemiskinan dengan literasi? Menurut BAK, sesungguhnya kemiskinan itu tetap ada dan mengapa ada, karena tidak hadirnya masyarakat yang berpengetahuan, masyarakat literasi.

Para pembicara yang turut memberikan apresiasi dan memuji kepedulian BAK atas gerakan literasi yang dilakukan di Jeneponto.

“ Jujur saya banyak belajar dari kak BAK terutama semangat berliterasi dan cara menulis yang baik,” kata Haerullah Lodji.

Kepsek SMA 2 Jeneponto, Timung, S.Pd.M.Pd. menyampaikan terima kasih pada Pak BAK karena telah berkunjung ke SMA 2 dan mendorong siswa-siswi dan guru-guru bergerak menulis hingga melahirkan sebuah karya literasi,” ujar Timung.

Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Jeneponto, M. Yanis menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih karena BAK telah mempelopori memberi semangat literasi kepada para pegiat literasi di Kabupaten Jeneponto.

“ Saya menyampaikan terima kasih karena Kak BAK bersama isteri telah mewarnai pergerakan literasi di Sulawesi Selatan, khususnya Jeneponto yang begitu serius memompa semangat kami pegiat literasi,” papar Yanis.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.