BI Sulsel “QRIS” kan Kepulauan Selayar dan Kawasan Takabonerate

Redaksi
2 Nov 2023 18:34
Editorial 0 28
3 menit membaca

MAKASSAR  – Bank Indonesia Prov. Sulawesi Selatan turut berperan aktif pada Festival Takabonerate Dive Camp 2023 yang berlangsung dari tanggal 26 s.d 30 Oktober 2023 mengambil tema Pesona Bahari Kemilau Budaya. 

Adapun tempat pelaksanaan kegiatan Festival tersebut yaitu Kota Benteng Selayar, Pulau Jinato dan Pulau Tinabo dengan melibatkan warga disemua Kecamatan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Deputi Direktur Bank Indonesia Sulawesi Selatan – Bapak Edy Kristianto, didampingi rekan-rekan Tim Implementasi Kebijakan Sistem Pembayaran dan Tim Pengelolaan Uang Rupiah.

Bank Indonesia Prov. Sulawesi Selatan salah satu mitra Pemda dalam kegiatan tersebut.

Sebagai salah satu bentuk dukungan Bank Indonesia dalam pengembangan Pariwisata dan Penguatan Ekosistem pembayaran digital dengan memberikan dukungan perlengkapan panitia dan mengkolaborasikan kegiatan yang inline dengan Program Kerja Bank Indonesia.

Yaitu pelaksananaan User Exksperience Quick Resrponse Code Indonesian Standard (QRIS), Perlindungan Konsumen serta sosialisasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBP).

QRIS adalah adalah standar QR Code pembayaran non tunai yang harus digunakan oleh semua penerbit QR Code baik bank maupun non bank dengan satu QRIS untuk semua.

Kegiatan User Exksperience QRIS bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan perbankan Selayar yaitu Bank Sulselbar, BRI, BNI dan Bank Mandiri dengan melakukan akuisisi terhadap UMKM peserta Festival Takabonerate maupun UMKM/pelaku usaha yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Hal ini bertujuan agar digitalisasi non tunai pada sistem pembayaran dapat teraplikasi dengan baik dalam rangka memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Dengan kegiatan User Exksperince QRIS semakin banyak masyarakat teredukasi mengenai penggunaan QRIS untuk pembayaran non tunai pada mobile banking dan e-walet yang mereka gunakan dan praktek secara langsung penggunaan QRIS kepada masyarakat pengunjung Festival dengan memberikan hadiah menarik bagi peserta yang berhasil menggunakan pembayaran non tunai menggunakan QRIS.

Diharapkan target pengguna baru QRIS untuk Sulawesi Selatan sebesar 547.884 dan target secara nasional sebesar 16.244.433 dapat tercapai sampai dengan akhir tahun 2023.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.