Cocokkah Iphone untuk Anak Sekolah? Pertimbangkah Dulu Sebelum Membeli

Makassar – iPhone menjadi salah satu gadget yang paling laris di Indonesia. Meski harga iPhone terus melejit sangat tinggi, namun popularitasnya tidak pernah padam.

Bahkan sekarang ini, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa memiliki iPhone karena anak-anak pun sudah banyak yang terlihat menenteng gadget ‘boba’ tersebut ke sekolah.

Bacaan Lainnya
iPhone (ist)

Tidak bisa dipungkiri bahwa gadget buatan Apple memiliki ketahanan yang bagus dan bisa jadi bahan pertimbangan untuk menunjang kegiatan di sekolah.

Namun di sisi lain, iPhone juga sama seperti gadget pada umumnya yang punya efek positif dan negatif. Kira-kira apa saja dampak iPhone untuk anak sekolah? Mari intip pemaparan selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Iphone untuk Anak Sekolah.

1. Memudahkan Anak untuk Belajar

Mari awali dengan dampak positif terlebih dahulu, salah satunya adalah membantu anak untuk belajar. iPhone adalah ponsel pintar yang mudah mengakses internet kapan pun dan dimana pun. Dengan kata lain, anak lebih mudah mencari materi pembelajaran lewat iPhone.

Pembelajaran yang bisa diakses oleh anak pun sangat variatif dan lebih interaktif.
Namun, agar pembelajaran anak lebih efektif dan efisien, para orang tua wajib mendampingi anak saat sedang belajar. Tujuannya adalah agar anak tidak mudah terdistraksi dengan game yang ada di iPhone.

2. Kemampuan Visual yang Lebih Kuat

Dengan seringnya anak melihat visual pada iPhone maka kemampuan visual anak pun bisa meningkat. Anak menjadi lebih paham membedakan bentuk gambar. Ditambah lagi, mereka juga akan belajar tentang warna-warna.

Jika anak punya kemampuan visual spasial yang bagus, berarti mereka dapat berpikir sekaligus memproses informasi dalam bentuk visual, baik dua dimensi atau tiga dimensi di dalam otaknya.

3. Kurang Kritis dan Kreatif

Meski kemampuan visualnya meningkat, namun kehadiran gadget juga punya efek negatif dimana anak menjadi kurang kritis dan kreatif. Mereka terlalu mudah mengakses segala informasi sehingga tidak tergerak untuk bisa berpikir lebih kritis atau mengkreasikan hal baru. Mereka sudah terbiasa dengan hal yang mudah dan langsung tersedia di hadapannya.

4. Kemampuan Bersosialisasi Menurun

Gadget bisa membuat anak kecanduan hingga mereka tahan berjam-jam menatap layar gadget. Oleh karenanya, anak jadi jarang bermain dengan teman-temannya secara langsung.

Akhirnya, kemampuan mereka dalam bersosial pun terbatas, dan kemampuan komunikasi pun jadi kurang bagus. Hal ini akan berdampak juga pada rasa percaya diri dan kemungkinan bisa membuat anak jadi minder.

5. Membentuk Postur Tubuh yang Kurang Ideal

Keseringan menatap gadget bisa menyebabkan postur tubuh menjadi kurang ideal karena terlalu sering membungkuk. Selain itu, gadget juga bisa membuat posisi leher jadi semakin maju ke arah depan, alias posisi bentuk bahu jadi lebih terlihat melengkung. Perubahan seperti ini tentu saja kurang bagus untuk pernapasan.

Sebenarnya di balik dampak negatif dari iPhone masih ada efek positif yang bagus untuk anak. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan gadget atau iPhone akan sangat efektif jika peran orang tua juga terlibat di dalamnya.

Jika Anda sudah siap dengan segala dampak iPhone pada anak dan berencana untuk membeli iPhone untuk buah hati, bisa langsung kunjungi Blibli. Pasalnya, berbagai macam produk Apple, khususnya iphone indonesia yang bergaransi resmi, ini tersedia sangat lengkap di Blibli. Selain itu, pengiriman gadget di Blibli ini dijamin aman dan cepat.

Jangan lewatkan juga diskonan khusus di Blibli hingga 10% lho! Bahkan, Blibli sudah mulai menyediakan iPhone versi terbaru. Jadi, segera bawa pulang iPhone impian anak Anda lewat Blibli, yuk!

Pos terkait