Ditlantas Polda Sulsel dan Polrestabes Makassar Sambangi Perum Pasar

MAKASSAR, MATASULSEL.COM – Fenomena menjamurnya pedagang kaki lima (PK5) musiman jelang Idul Fitri merupakan pemandangan yang biasa ditemukan. Hal ini tidak bisa dielakkan setiap tahunnya.

Terkait dengan antisipasi kondisi tersebut, pihak jajaran Ditlantas Polda Sulsel dan jajaran Ditlantas Polrestabes Makassar menyambangi kantor Perumda Pasar Makassar di jalan Kerung-Kerung no. 8 Makassar.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan tersebut pihak Ditlantas mengharapkan kerjasama pihak Perumda Pasar untuk bersama-sama memberikan pemahaman kepada para pedagang PK5 dan menata keberadaan mereka dengan baik.

Hal itu disampaikan Kasidikmas Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Bagus Putu saat mengikuti rapat koordinasi dengan jajaran Direksi Perumda Pasar, Senin (03/04).

‚ÄúSudah menjadi tradisi di setiap tahunnya jelang hari raya Idul Fitri, PK5 musiman menjadi fenomena tersendiri. Namun kita harus menyampaikan kepada para pedagang tersebut untuk tidak menggunakan badan jalan.” ujarnya.

Menurutnya, apa yang mereka sampaikan ini adalah hasil laporan masyarakat yang masuk dan juga dari hasil peninjauan langsung di lapangan oleh jajaran Ditlantas Polda maupun Ditlantas Polrestabes Makassar.

Olehnya mereka meminta agar pihak Perumda Pasar segera melakukan pendekatan persuasif kepada para pedagang.

“Kami hanya meneruskan hasil laporan masyarakat dan hasil pantaun dari petugas Ditlantas. Olehnya kami meminta kepada pihak Perumda Pasar sebagai pihak pengelola Pasar agar dapat segera menindak lanjuti laporan tersebut begitupun pada pasar-pasar lainnya yang sedang terjadi. Terutama pada jam kepadatan arus lalin yang dapat menyebabkan kemacetan,” lanjutnya.

Menanggapi laporan itu, Direktur Utama Perumda Pasar Ichsan Abdu Hussein mengatakan Akan segera menindak lanjuti laporan tersebut dan akan mengadakan Rapat Koordinasi atau Pertemuan Khusus dengan jajaran unit pasar dan mengkoordinasikan bersama beberapa SKPD dalam hal ini pihak Kecamatan, Dishub dan Satpol PP.

“Kami sangat berterimakasih pada jajaran petugas Kepolisian Ditlantas Polda dan Polrestabes Makassar atas masukannya terkait penanganan pedagang tumpah di jalan-jalan area pasar jelang Idul Fitri. Dan kami akan segera melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh jajaran unit pasar. Kalau perlu kami juga akan kerjasama dan menggandeng pihak SKPD terkait dalam hak Kecamatan, Lurah, Dishub dan Satpol PP.” terangnya.

Sebagaimana diketahui, dalam rapat tersebut dilaporkan yang menjadi perhatian pihak Ditlantas adakah terutama pada pedagang tumpah diarea Pasar Kalimbu dan Pasar Mandai.**

Diskmonfo

Pos terkait