Dongkrak Ekonomi Para Nelayan, Menggunakan Anggaran Dana Desa

ANAMBAS. MATA SULSEL – “Jangan berikan ikan, tetapi berikanlah kailnya“. Begitulah bunyi pepatah kuno yang memiliki makna hendaknya memberikan bantuan yang tepat guna. Dimaksudkan, sesuai kebutuhan dan situasinya, sehingga orang yang diberikan bantuan akan lebih produktif dan mandiri.

Kalimat dalam pepatah itupun dirasakan tepat untuk menggambarkan perhatian Pemerintah Desa Lingai, Kabupaten Anambas, kepada para nelayan di Desa terluar NKRI itu.

Bacaan Lainnya

Menggunakan Anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2021, Desa Lingai yang dipimpin Iskandar menggelontorkan alat bantu menangkap ikan bagi nelayan setempat berupa GPS Fish finder atau radar ikan serta perahu jungkong (sampan). “Tadi kita serahkan bantuan alat tangkap nelayan berupa GPS garmin atau radar ikan berjumlah 10 unit,”kata Iskandar dihubungi mediatrias.com Sabtu, 27 Februari 2021 kemarin.

Iskandar pun berharap dengan adanya bantuan alat tersebut nelayan Desa Lingai dapat lebih giat bekerja sehingga meningkatkan penghasilan para nelayannya.“Semoga yang awalnya kurang penghasilan, setelah ini penghasilannya bisa bertambah jadi bisa mengurangi angka kemiskinan para nelayan laut,”harap Iskandar.

Sementara itu, Hidayat, salah satu nelayan Desa Lingai yang mendapatkan bantuan tersebut mengaku terbantu. Dirinya pun berharap bantuan dari pemerintah desa dapat terus berlanjut dan dirasakan oleh seluruh nelayan di Desa Lingai.

“Dilaut tak ada jaringan telepon, makanya kalau harapan kami sebagai nelayan selain dibantu alat tangkap, semoga bisa dibantu HT atau Radio Telekomunikasi. Karena kami memancing di laut jauh atau di lautan lepas, jadi kalau ada sesuatu hal bisa menghubungi daratan,”harapnya Hidayat.”(**).

Pos terkait