Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya Untuk Formasi CPNS 2021

JAKARTA. MATA SULSEL – Pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dikabarkan mundur. Yang awalnya direncanakan bulan April hingga Mei, mundur jadi bulan Juni 2021.

Sambil menunggu pembukaan CPNS, bagi anda yang lulusan SMA atau Sederajat, tidak usah khawatir tidak kebagian tempat di CPNS.

Bacaan Lainnya

Pasalnya, ada beberapa formasi yang membuka lowongan untuk lulusan SMA atau sederajat.

Berikut daftar formasi pendaftaran CPNS 2021 bagi lulusan SMA/SMK, yang mengacu pada data pendaftaran CPNS 2019:
1. Kemenkumham
Formasi pendaftaran CPNS 2021 bagi lulusan SMA/SMK di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Sebelumnya Formasi Kemenkumham membuka lowongan CPNS terbesar bagi lulusan SMA dan SMK.

Sebagaimana diberitakan “Intip Bocoran Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA dan SMK, Simak Cara Daftarnya”, berdasarkan data Kemenkumham, pendaftaran CPNS 2019 tercatat sebanyak 3.532 formasi khusus lulusan SMA/SMK/MA. Selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website resmi Kemenkumham di https://cpns.kemenkumham.go.id.

2. Kejaksaan Agung
Berdasarkan data Kejaksaan Agung Republik Indonesia terdapat 2.000 formasi pada pendaftaran CPNS 2019 bagi lulusan SMA sederajat. Anda bisa memantau informasi terbaru di https://rekrutmen.kejaksaan.go.id.

3. KLHK
Lowongan CPNS 2019 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) membuka formasi bagi SMK.

Berdasarkan pengumuman KLHK Nomor: PG.1/SETJEN/ROPEG/Peg.O/11/2019, terdapat 80 formasi bagi SMK, kemungkinan seleksi CPNS 2021 akan membuka kembali.

Adapun jabatan bagi SMK yakni hanya diperuntukkan pada jabatan Pelaksana Pemula/Pemula Polisi Kehutanan. Untuk informasi, Anda bisa mengunjungi website resmi di https://ropeg.menlhk.go.id.

4. Kementan
Kementerian Pertanian (Kementan) membuka lowongan CPNS bagi pelamar lulusan SMA. Pada seleksi CPNS 2019, Kementan membuka 45 formasi.

Informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi laman resmi Kementan: https://cpns.pertanian.go.id.

5. Kemendikbud
Lowongan CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi lulusan SMA/SMK. Hal ini tertulis pada keputusan resmi Mendikbud No: 126533/A.A3/KP/2019 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemendikbud Tahun 2019.

Kemendikbud membuka 11 formasi untuk 3 jabatan, yakni Pengadministrasi Keuangan 3 formasi, Teknisi Laboratorium 2 formasi, dan Teknisi Pemetaan dan Penggambaran 6 formasi. Info selengkapnya bisa dicek di laman Kemendikbud: https://cpns.kemendikbud.go.id.

6. BIN
Lowongan CPNS di Badan Intelijen Negara (BIN) terdapat 200 formasi bagi lulusan SMA sederajat. Adapun jabatannya, yakni Pranata Komputer Pelaksana Pemula pada Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Berikut dokumen yang harus diunggah dalam pendaftaran CPNS 2021, di antaranya:

1. Scan pas foto berlatar belakang merah maksimal 200 kb file jpeg/jpg

2. Scan foto 200 kb file jpeg/jpg

3. Scan KTP 200 kb file jpeg/jpg

4. Scan Surat Lamaran 300 kb pdf

5. Scan Ijazah + Serdik/STR 800 kb pdf

6. Scan Transkrip Nilai 500 kb pdf

7. Scan dokumen pendukung lainnya 800 kb pdf

Adapun dokumen yang sudah diunggah tidak dapat diganti oleh pendaftar CPNS 2021, terkecuali peserta belum mengklik ‘Akhiri Pendaftaran’ pada akun terkait.

“Dokumen yang sudah diunggah masih dapat diganti selama Anda belum klik ‘Akhiri Pendaftaran’,” tulis pihak SSCN BKN.

Berikut ini cara daftar CPNS 2021 melalui portal SSCASN:

1. Pelamar CPNS 2021 mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar membuat akun terlebih dahulu dengan klik menu Registrasi

3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (No. KK) atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK)

4. Lengkapi data diri seperti Nama tanpa gelar, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, e-mail, password, dan pertanyaan pengamanan

5. Unggah pas foto berlatar belakang merah

6. Cetak Kartu Informasi Akun

Untuk informasi resmi terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2021, Anda bisa mengaksesnya melalui website SSCN BKN.”(Sumber : MO).(**).

Pos terkait