Kabar Gembira, DKP Jeneponto Akan Serahkan 457 Konverter Mesin Ketinting Ke Nelayan

JENEPONTO, MATA SULSEL – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan dalam waktu dekat akan menyerahkan bantuan 457 unit konverter bahan bakar mesin ketinting dari BBM ke BBG kepada para nelayan di daerah pesisir Jeneponto.

“Insya Allah dalam waktu dekat Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jeneponto akan menyerahkan bantuan 457 unit mesin ketinting kepada para nelayan pesisir di Kabupaten Jeneponto,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jeneponto Arfan Sanre, Senin (26/10/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Arfan, saat ini biaya operasional yang ditanggung para nelayan sangat tinggi dengan menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Kepala DKP Jeneponto Arfan Sanre bersama pihak penyedia mesin konverter ketinting PT Wika Ceceh Sofyan.

 

“Alhamdulillah dengan bantuan mesin ketinting konverter BBG ini maka para nelayan kecil dapat lebih menghemat biaya dibandingkan menggunakan mesin yang menggunakan BBM. Selain itu mesin konverter BBG ini ramah lingkungan,” papar Karaeng Tompo sapaan akrabnya.

Arfan mengungkapkan dengan adanya mesin konverter yang menggunakan BBG tersebut, nelayan yang ada di Kabupaten Jeneponto diharapkan bisa lebih sejahtera.

Meski akan memberikan bantuan mesin konverter sebanyak 457 unit, Arfan Sanre mengakui masih ada nelayan yang belum mendapatkan bantuan tersebut.

Oleh karena itu, Ia meminta para nelayan bersabar karena DKP Jeneponto akan terus mengusulkan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) agar seluruh nelayan yang telah tercatat dalam database bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Mesin Ketinting BBG yang sudah dirakit oleh pihak penyedia PT Wika.

Sementara itu, Ceceh Sofyan, salah satu pihak penyedia dari PT Wijaya Karya (Wika) menyebutkan bahwa mesin yang akan dibagikan kepada para nelayan di Jeneponto sebanyak 457 unit.

“Saat ini kami sementara rakit mesin ketinting ini,” ujar Ceceh sambil memperlihatkan perakitan mesin di salah satu ruang DKP Jeneponto.

Ceceh menyebutkan bahwa bantuan mesin ketinting adalah merk Honda dengan tipe GX200 sebanyak 368 unit, tipe GX270 sebanyak 31 unit dan tipe GX390 sebanyak 58 unit.

“Mudah-mudahan bantuan mesin ketinting konverter BBG ini dapat bermanfaat bagi nelayan di Jeneponto untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” pungkasnya. (*)

Pos terkait