Kisah Ika dan Daeng Kebe, Mengais Rezeki Berjualan Takjil di Jeneponto

Arifuddin Lau
13 Mar 2024 16:50
RAGAM 0 1282
3 menit membaca

JENEPONTO – Penjualan takjil atau makanan berbuka puasa yang dilakukan secara musiman pada bulan Ramadhan mulai marak di sejumlah jalan poros Makassar – Jeneponto.

Seperti yang terpantau “Tim Jelajah Ramadhan Berkah Tim JRB 1445 H” di sepanjang jalan protokol Batas kota Jeneponto, Kelurahan Balang hingga Kelurahan Empoang, Bontosunggu Rabu (13/3/2024), para pedagang kuliner musiman ini pada umumnya menjajakan berbagai jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa seperti gorengan, es kelapa muda, cendol, kolak, bubur kacang hijau, jalangkote, bahkan lauk pauk dan sayur masak sate, opor ayam, ikan bakar, serta berbagai jenis makanan khas Jeneponto.

Berikut reportase bersama penjual takjil yang menjajakan jualannya di seputaran jalan Lanto Dg. Pasewang Kalukuang Kelurahan Balang.

“Setiap bulan puasa kami melakukan usaha seperti ini karena menjadi peluang usaha baru bagi kami,” kata Ika (41), warga Kampung Lembangloe, Kelurahan Balang ketika ditemui Tim JRB di lokasi penjualan takjil di sekitar Kantor Kodim 1425 Jeneponto.

Ia mengatakan saya sehari hari menjual nasi kuning, dan berjualan di area sekolah dasar Lembangloe, tapi karena anak anak pada puasa maka saya beralih menjual takjil di bulan Ramadhan kali ini, ungkapnya.

Ika mengaku telah menjalankan usaha jualan kuliner untuk berbuka puasa dilakukannya sejak 2 tahun terakhir, tapi baru tahun ini saya berjalan di poros jalan. Sebelumnya saya hanya berjualan di depan rumah di kampung.

“Sudah 2 tahun mi saya menjual daeng, dan baru kali ini saya berjualan di pinggir jalan poros, semoga banyak ji yang beli daeng, kalo tahun lalu hasilnya juga lumayan untuk pendapatan keluarga,” kata Ika.

Ibu Ika tidak sendiri, dia bersama partner usahanya Dg Kebe’ (47), keduanya secara bersama merintis jualan buka puasa di jalan poros.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.