Menarik, Jeneponto Identik Kota Kuda, Berikut 10 Fakta Jeneponto Sebagai Salah Satu Kota Kuda di Indonesia

Arifuddin Lau
20 Apr 2024 06:27
BUDAYA DESTINASI 0 1374
3 menit membaca

Dilaporkan : Tim Jelajah Jeneponto 161 (Tim JJ 161)

Ditulis dalam rangka hari jadi Jeneponto ke 161, 1 Mei 2024

BAGIAN KETIGA

MINYAK KUDA

“Awalnya saya hanya produksi abon kuda, tapi setiap saya beli daging kuda untuk bahan abon, selalu ada lemaknya yang ikut, disitu saya mulai bikin minyak kuda” demikian sepenggal cerita Owner UKM Panrita, Jumiati A Rahim.

Pada awalnya UKM Panrita hanya memproduksi abon kuda, usahanya dimulai sejak tahun 2017, diproduksi secara rumahan untuk memenuhi permintaan pelanggan, seiring bertambahnya pesan abon kuda oleh para pelanggan maupun keperluan pameran bagi instansi pemerintah, maka sejak saat itu pembelian daging kuda sebagai bahan utama pembuatan abon kuda juga terus meningkat.

Berbekal pengetahuan yang ia dapatkan dari cerita pengalaman keluarga dan referensi tentang proses pembuatan minyak kuda, akhirnya ia pun mengolah lemak kuda menjadi minyak kuda.

Pemakaian minyak kuda yang diproduksi UKM Panrita di gunakan secara pribadi oleh anggota keluarga secara terbatas, cerita khasiat pemakaian minyak kuda produksinya semakin sering ia dengar, bahkan beberapa anggota keluarga secara khusus minta untuk dibuatkan minyak kuda karena khasiatnya yang dianggap paten.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.