Omzet UMKM Bengkel Binaan YAHM Meningkat Pasca Pandemi

Redaksi
16 Jun 2023 19:52
MOTOR OTOMOTIF 0 119
3 menit membaca

JAKARTA – Pengusaha muda alumni SMK binaan Yayasan AHM berhasil mendongkrak omzet usaha bengkelnya hingga ratusan juta seiring usainya pandemi.

UMKM yang tergabung dalam Astra Honda Youthpreneruship Program (AHYPP) ini juga berhasil menciptakan lapangan kerja untuk alumni SMK di sekitarnya.

Sebanyak 28 UMKM muda peserta AHYPP melaporkan kenaikan omzet bengkel yang mereka kelola pada Januari-Mei 2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, menyusul meredanya pandemi Covid 19.

Sejumlah UMKM bengkel alumni yang tersebar di 12 provinsi di Indonesia ini berhasil melakukan diversifikasi usaha, melengkapi usaha bengkelnya, seperti tambahan jasa cuci motor, pengecatan, restorasi dan salon sepeda motor.

Agus Eka Guncara Bisma, UMKM muda dari Karangasem Bali berhasil membukukan omzet lebih dari Rp100 juta perbulan dari bengkel sepeda motor dan penjualan sparepart.

“Alhamdulillah usaha saya terus berkembang. Selain bengkel, saya dapat tambahan pemasukan dari penjualan spare part, cuci motor, dan pengelasan” ungkap Ikbal Usman Febriyanto, alumni SMK Ma’arif 1 Wates pemilik bengkel MAN Motor di Wates, Yogyakarta

Sejalan dengan peningkatan kinerja bisnis bengkel, sekitar 82% dari 28 UMKM yang dibina Yayasan AHM sudah memiliki karyawan mulai dari 1 sampai 5 orang.

Sebagian besar karyawan menempati posisi mekanik hingga tenaga administrasi.

Beberapa bengkel binaan bahkan juga menjadi tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi para siswa SMK binaan AHM.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.