“PARARA” Optimis Kota Makassar Jadi Motor Penggerak Isu Pangan Lokal

Redaksi
9 Jun 2023 20:21
HEADLINE 0 59
3 menit membaca

MAKASSAR – PARARA atau Panen Raya Nusantara, lahir dari sebuah inisiatif festival SLIMs (Sustainable Livelihood Initiative and Models).

Kemudian menjadi sebuah konsorsium pecinta pangan lokal yang sehat, adil dan lestari (berkelanjutan)

PARARA memilih Indonesia timur, Sulawesi Selatan Kota Makassar, karena Kota Makassar sebagai pintu masuk untuk pengembangan ekonomi.

Salmia Ariyana, selaku Konsultan Strategi Pengembangan Regional PARARA mengatakan, perlu pengembangan di Kota Makassar dan perlu bertemu dengan semua steakholder yang bermain di pangan lokal, adil sehat dan lestari untuk menempatkan gagasan.

Salmia mengungkapkan kita perlu ide-ide yang jenuin dari kota Makassar, dengan melibatkan komunitas-komunitas pemuda, juga melibatkan media.

Apalagi di Sulsel banyak anggota konsersium PARARA yang bekerja seperti di mitra lingkungan, walhi, dan beberapa lembaga masyarakat juga komunitas anak muda dari kab. Maros.

“Dan harapan kami, Makassar bisa sebagai motor penggerak kalau ini berhasil akan jadi cerminan ke beberapa wilayah lainnya, sepeti Papua, dan NTT,” ujar Mia, sapaan akrabnya.

Mia menambahkan strategi pengembangan regional PARARA dan kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan sesuai konteks daerah akan dibahas bersama dengan melibatkan pemangku kepentingan dan pecinta pangan lokal daerah.

Penyusunan strategi regional akan membahas 3 elemen utama fokus PARARA yaitu festival, peningkatan kapasitas dan kegiatan ekonomi, kedepan. Salah satu rencana PARARA sejak awal adalah melebarkan sayap kedaerah-daerah, terutama Indonesia bagian Timur.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.