PT Vale Resmi Luncurkan PTO PPM-Dukungan SDGs Desa

Redaksi
7 Okt 2023 10:20
NEWS 0 40
4 menit membaca

MAKASSAR – PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) meluncurkan Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dalam rangka mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Desa, di Makassar, Rabu (4/09/2023).

Kegiatan peluncuran PTO ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Luwu Timur, Budiman, didampingi Direktur Hubungan Luar PT Vale Endra Kusuma, dan disaksikan pula oleh Wakil Bupati Luwu Timur, Mochammad Akbar Andi Leluasa.

Pada kegiatan itu hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Luwu Timur Halsen, Kepala Bappelitbangda Luwu Timur Dohri As’ari, Senior Manager Sosial Development Program PT Vale Ardian Indra Putra, serta 38 Kepala Desa dan Lurah di empat kecamatan wilayah pemberdayaan, yakni Kecamatan Malili, Wasuponda, Nuha dan Towuti.

Peluncuran Petunjuk Teknis Operasional menjadi titik awal dimulainya tahapan implementasi Program PPM dukungan SDGs Desa.

Skema program PPM – Dukungan SDGs Desa merupakan sintesa dari beberapa model program yang telah diimplementasikan dalam kurun waktu kurang lebih 10 tahun terakhir.

Bupati Luwu Timur mengapresiasi langkah yang dilakukan PT Vale karena sejalan dengan visi Pembangunan Berkelanjutan Luwu Timur.

Menurutnya, SDGs Desa merupakan arah pembangunan yang telah diadopsi oleh Pemerintah sebagai kompas yang memandu Pembangunan dari tingkat nasional sampai pada tingkat desa.

“Saya berharap program ini akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan dan kemajuan di desa. Termasuk peningkatan perekonomian masyarakat, dan pada gilirannya dapat mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujarnya.

Budiman memaparkan, pelaksanaan Program PPM – Dukungan SDGS Desa menunjukkan bahwa di Luwu Timur dukungan dan kerjasama antar pihak swasta, dalam hal ini PT Vale dengan pemerintah telah berjalan dengan baik.

Sementara itu, Direktur Hubungan Luar PT Vale, Endra Kusuma, menyampaikan bahwa pada periode 2023-2027 PT Vale telah megimplementasikan skema baru berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan dari skema sebelumnya.

Salah satu di antaranya adalah skema PPM – Dukungan SDGs Desa.

Selain itu, PT Vale tetap melanjutkan dukungan pada lima kawasan yang dikemas dalam skema PPM – Program Pengembangan Kawasan Perdesaan Mandiri (PKPM) Terfokus.

Lima Kawasan ini ditentukan berdasarkan hasil evaluasi yang menunjukkan Kawasan yang layak secara daya dukung dan prospek pengembangannya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.