Pusdiklat JOIN Nasional Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Guru di Gowa

GOWA, MATA SULSEL– Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional bekerjasama dengan DPD JOIN Kabupaten Gowa menggelar pelatihan bagi guru untuk mengenali pentingnya pemberitaan dan bagaimana guru menulis ilmiah populer di media massa.

Kegiatan pelatihan jurnalistik bagi guru tersebut berlangsung di Gedung Wisata Kampar, Kabupaten Gowa, Selasa (24/8/2021).

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat), Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Nasional.

Pembukaan dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Diknas Dr. Ulfa Tenri Batari, M.Pd.

Dalam arahannya Ulfa Tenri menyebutkan pentingnya guru memahami fakta-fakta berita, yang bertujuan membuka wawasan guru memahami fakta dan kebohongan (hoax).

Bersama Direktur Pusdiklat JOIN Nasional, Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si berjanji akan terus melakukan pendampingan pada pola membangun literasi digital, yang sangat pesat perkembangannya saat ini.

Pemateri lain, Irma Muhsen , S.Farm. M.Kes. membimbing peserta mengenali Dasar-Dasar Jurnalistik, didampingi Sekretaris Wilayah JOIN Sulsel, Sudarman Djoni , dan Ketua DPD JOIN Kabupaten Gowa, Hendra Susanto . Akan menemani peserta selama dua hari kegiatan, dengan evaluasi pre test dan post test, untuk memperoleh sertifikat kelulusan.

Kegiatan JOIN dan Dinas Pendidikan, sudah berlangsung di Kabupaten Bantaeng, Luwu Utara, Luwu, Bone, Soppeng, Wajo, dengan meluluskan kurang lebih 200 guru baik SMA, SMK, SMP, dan SD.

Kerjasama juga telah berjalan dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dengan kegiatan di Kabupaten Bantaeng. Dengan metode kegiatan Focus Group Discussion (FGD), Workshop, Pelatihan, Diskusi, dan Dialog. (**)

 

Pos terkait