Sorowako Writers and Readers Festival 2023 Digelar Bagi Siswa di Daerah Penghasil Nikel

Redaksi
11 Mei 2023 12:02
EDUKASI 0 133
2 menit membaca

SOROWAKO – Hazura Indar Faradiba telah malang melintang dalam dunia literasi, di kota tempatnya bermukim, Sorowako, Luwu Timur.

Sorowako dikenal sebagai kota tempat beroperasinya pertambangan nikel yang dijalankan oleh PT Vale Indonesia Tbk. Diba, panggilan akrabnya, tak hanya senang membaca buku.

Ketua OSIS SMA Sekolah Murid Merdeka (SMM) ini juga senang dengan kegiatan turunan yang melibatkan literasi: menulis, berdiskusi serta bermusik.

Diba, yang juga menjadi relawan pada Ubud Writers and Readers Festival 2022 lalu ingin membawa kegemarannya dalam dunia literasi dan menginspirasi lingkungan sekitarnya di Sorowako.

“Menurut UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara. Selain itu, untuk konteks di daerah, saya melihat koleksi perpustakaannya harus menarik dan relevan dengan minat masyarakat, khususnya anak muda,” ungkap Diba.

Sejak menjadi Duta Literasi Sorowako, Diba mulai melakukan aksi sebagai respon dari keresahannya tersebut. Bersama rekan-rekannya, Diba menjalankan komunitas yang dinamai Sorowako Literasi.

Lewat komunitas ini, Diba cs membuat gebrakan pada tahun 2023 dengan memulai Sorowako Readers and Writers Festival (SRWF) 2023.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.