Dosen Poltekbos Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Food Safety

Redaksi
15 Des 2023 15:50
EDUKASI 0 50
2 menit membaca

MAKASSAR – Dosen Program Studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) mengikuti pelatihan dan sertifikasi Pengelolaan Hygiene Sanitasi Pangan (Food Safety) di Ruang – Eatery, Coworking & Event Space Bogor, Kamis (14/12/23).

Kegiatan ini bekerjasama dengan PT. Nusatamara Mitra Optima (EC Consultant Bogor) dan sertifikasi kompetensi lisensi BNSP oleh LSP Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan (JMKP) Bogor dengan skema Higiene dan Sanitasi Makanan.

Kedua Dosen Politeknik Bosowa yakni Dewi Andriani, SST.Par., M.Par. dan St. Hadijah, SST.Par., M.Par. direkomendasikan kompeten.

Kegiatan bertujuan untuk mendapatkan ilmu mengenai food safety yang nantinya akan diterapkan pada teaching factory (TEFA) PoltekBos, serta sertifikat yang di dapatkan satu hal penting yang perlu dimiliki dalam operasional TEFA dan rangkaian perizinan keamanan pangan.

Pelatihan membahas mengenai 3 bahaya dalam makanan yaitu dari segi biologi, kimia dan fisik.

Dari segi biologi termasuk didalamnya terkait virus, bakteri sedangkan dari segi kimia seperti bahan berbahaya yang ditambahkan di dalam makanan misalnya boraks, formalin serta segi fisik benda asing yang seharusnya tidak ada dalam bahan baku makanan contohnya rambut, kerikil dan pasir.

Dalam pelatihan juga dibahas mengenai bagaimana bangunan TPP (tempat pengolahan pangan) yang seharusnya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.