Kolaborasi XL Axiata – PLN Gali Potensi Bisnis dan Integrasi Produk

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT PLN (Persero) sepakat menjalin kerja sama strategis untuk mengintegrasikan layanan produk kedua belah pihak dan menggali potensi untuk menciptakan solusi bisnis secara berkelanjutan.

Melalui kemitraan ini, kedua perusahaan akan mengoptimalkan pemanfaatan digitalisasi dan teknologi automisasi yang dimiliki dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik dan juga memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan.

Bacaan Lainnya

Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama tersebut ditandatangani oleh Direktur & Chief Enterprise and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya dan Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti di Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Yessie D. Yosetya mengatakan, kami memiliki komitmen untuk berinovasi dan terus meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan. Tentunya inisiasi kerja sama ini memiliki latar belakang yang tidak terlepas dari hal tersebut.

“Kami sangat yakin kerja sama antara XL Axiata dan PLN ini memiliki potensi yang saling menguatkan dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan juga memberikan dampak yang baik bagi masing-masing perusahaan,” katanya.

Yessie D. Yosetya menambahkan, melalui kerja sama ini, XL Axiata akan menerapkan smart metering dengan menggunakan Advance Metering Infrastructure (AMI), Automatic Meter Reading (AMR) yang akan mempermudah memonitoring pemakaian dan meningkatkan efisiensi konsumsi listrik di seluruh menara BTS XL Axiata.

Selain itu, kerja sama ini juga akan mewujudkan dukungan satu sama lain, baik bagi XL Axiata maupun PLN.

Dari XL Axiata akan memberikan dukungan terkait potensi kerja sama dalam kemitraan produk voucher PLN yang akan diintegrasikan ke dalam ekosistem touchpoints milik XL Axiata dan potensi kerja sama solusi business-to-business.

XL Axiata sangat yakin kerjasama ini akan memberikan manfaat bagi masing-masing pelanggan.

Sementara itu, Edi Srimulyanti mengatakan, melalui kemitraan yang strategis ini, PLN akan memberikan dukungan untuk infrastruktur jaringan XL Axiata melalui penyediaan tenaga listrik atau PLNisasi untuk menara BTS XL Axiata.

“Peningkatan akurasi konsumsi listrik dengan penyediaan Advance Metering Infrastructure (AMI), Automatic Meter Reading (AMR), yang semua itu akan dapat mempermudah XL Axiata memonitoring pemakaian kWh di seluruh menara BTS XL Axiata,” katanya.

Berdasarkan data yang ada, tercatat sebanyak 98% menara BTS XL Axiata sudah terkoneksi dengan jaringan infrasruktur PLN.

Saat ini XL Axiata sedang berupaya melakukan transformasi bertahap menggunakan layanan prabayar meter dan melakukan update meter menggunakan AMI dan AMR untuk layanan pascabayar meter yang hingga saat ini masih digunakan XL Axiata.

Ke depan, XL Axiata berupaya turut berkontribusi akselesari digitalisasi dan automisasi di PLN dengan melakukan migrasi layanan prabayar untuk sekitar 40% layanan pascabayar yang ada saat ini.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani 58 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 38 provinsi Indonesia.

Didukung lebih dari 150 ribu BTS dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.**

Diskmonfo

Pos terkait