Kritik Mutasi Pejabat, Ketua DPRD Takalar Tuai Sorotan, Ansar: Krisis Air Bersih Jauh Lebih Penting dari Mutasi

Arifuddin Lau
22 Nov 2023 15:53
HUKUM NEWS 0 34
2 menit membaca

TAKALAR, — Adanya sorotan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Takalar Ir.Darwis Sijaya, terkait kinerja Penjabat Bupati (PJ) Takalar, Dr Dr Setiawan Aswad yang dinilai lamban melakukan mutasi pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Takalar, menuai reaksi serta kritik.

“Kok tiba tiba Ketua DPRD Takalar menyoroti soal mutasi pejabat yang lamban. Ini Ada apa ya ?. Mutasi itu sepenuhnya hak eksekutif. Legislatif tidak bisa terlalu jauh mencampuri, apalagi mau mengintervensi, ” tegas Direktur Masyarakat Antikorupsi Sulsel, Muhammad Ansar, Rabu (22/11/2023).

Menurut Muhammad Ansar, banyak hal serta masalah yang jauh lebih penting yang seharusnya diperhatikan para legislator Takalar. Salah satunya, masalah krisis air bersih, yang selama musim kemarau ini, meresahkan masyarakat Takalar, khususnya di Kecamatan Mangarabombang. Hal lain, kata dia, maraknya penambangan liar di beberapa kecamatan yang banyak diprotes masyarakat. Belum lagi, maraknya penimbunan BBM subsidi di Kabupaten Takalar.

“Tiga masalah yang saya sebutkan tadi seharusnya menjadi perhatian serta atensi DPRD Takalar, karena bersentuhan dengan masyarakat banyak. Sejatinya DPRD pro aktif melakukan hearing atau rapat dengar pendapat (RDP) dengan pimpinan OPD terkait bahkan dengan Penjabat Bupati. Itu baru namanya fungsi pengawasan. Nah. Kok ini, Ketua DPRD justru mengkritik mutasi pejabat yang lamban,” tanya Ansar seraya tersenyum.

Menurut Muhammad Ansar, yang harus diingat, tupoksi legislator itu menyangkut tiga hal yakni, legislasi, pengawasan dan regulasi. Dan soal mutasi itu sepenuhnya hak progeratif dari eksekutif, jangan terlalu dicampuri jauh apalagi sampai memberikan statemen bernada kritik di media massa.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.