Panwaslu Kecamatan Binamu Gelar Apel Patroli Pengawasan Hak Pilih

JENEPONTO, MATA SULSEL – Panwaslu Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto menggelar apel patroli pengawasan kawal hak pilih di salah satu lokasi PKD tepatnya di Kampung Tarusang Utara, Kelurahan Monro- Monro, Sabtu (10/6/2023).

Apel dilakukan bersama jajaran pimpinan Panwaslu, kepala sekretariat, staf, Panwaslu Kelurahan/Desa se Kecamatan Binamu, PPS Kelurahan Monro-Monro dan Ketua PPK Kecamatan Binamu.

Bacaan Lainnya

Kemudian dilanjutkan dengan aksi simpatik di Monro-Monro dengan mendatangi rumah penduduk, tempat ga’de-ga’de (penjual emperan), pangkalan ojek dan kerumunan warga lainnya untuk memastikan mereka sudah dicatat sebagai pemilih pada pemilu 2024.

Melakukan cek DPT online dilanjutkan suluh pengawasan partisipatif kepada warga dengan meminta warga aktif menyampaikan kepada pengawas pemilu jika terdapat potensi pelanggaran atau jika terdapat warga yang belum terdata dalam daftar Pemilih.

Anggota Panwaslu Binamu koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Miss Ninik mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan hak pilih warga sudah terakomodir dengan baik melalui cek DPT online.

“Selain itu, kegiatan patroli juga sebagai ajang mendekatkan diri kepada masyarakat agar mereka berani melaporkan dugaan pelanggaran kepada para penyelenggara terkhusus kepada Pengawas Pemilu,” ungkap Miss Ninik.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Rahmat Jaya, menambahkan, patroli pengawasan kawal hak pilih ini dilanjutkan di wilayah kerja masing-masing PKD dengan cara yang sama termasuk sekolah dan TPS khusus di Kecamatan Binamu.

‚ÄúSalah satu fokus dalam patroli pengawasan memang mendatangi tempat-tempat yang diprediksi penghuninya berpotensi kehilangan hak pilih, seperti rusun, sekolah, dan lapas” ujarnya.

Di tempat yang sama Ketua PPK Kecamatan Binamu Hamsar, menyambut baik kegiatan patroli kawal hak pilih yang dilakukan secara bersama dengan PPS, ini menunjukkan ada kesamaan tujuan yakni hadirnya data pemilih yang valid, sebagaimana visi bersama PPK dan Panwaslu Kecamatan Binamu.

“Menjadikan Kecamatan Binamu sebagai lokus terbaik penyelenggaraan pemilu 2024, sebagai zona berintegritas bagi penyelenggara,” ujar Hamsar.

Patroli pengawasan kawal hak pilih ini akan rutin dilaksanakan dua kali sepekan hingga 14 Februari 2024, Sebagaimana Surat Instruksi Bawaslu Nomor 4 tahun 2023 tentang Patroli Kawal Hak Pilih.

Penulis : Oji. (*)

Diskmonfo

Pos terkait