Pemkot Makassar dan Program Kota Masa Depan UK PACT Ciptakan Desain Koridor Ruang Jalan

Redaksi
21 Sep 2023 17:55
Berita 0 124
3 menit membaca

MAKASSAR – Program Kota Masa Depan Kemitraan Inggris -Indonesia UK PACT yang diimplementasikan oleh World Resources Institute (WRI) Indonesia, Vital Strategies, dan ARUP menyerahterimakan hasil akhir dari Desain Koridor Ruang Jalan di Simpul Sudirman Kota Makassar pada 21 September 2023 di Kota Makassar.

Desain ini mendukung Pemerintah Kota Makassar untuk melakukan perencanaan hingga implementasi fasilitas transportasi yang aman, inklusif, dan tangguh guna menunjang mobilitas perkotaan berkelanjutan di Kota Makassar.

Desain ini merupakan hasil kolaborasi antara inisiatif Kota Masa Depan UK PACT dengan Pemerintah Kota Makassar yang prosesnya telah berlangsung sejak Maret hingga Agustus 2023 melalui rangkaian lokakarya mendesain bersama (co-design) dalam mendiskusikan kebutuhan penataan ruang pada skala lingkungan di sekitar Kawasan Simpul Sudirman, khususnya di Sumbu Fort Rotterdam.

Melalui rangkaian lokakarya tersebut ditemukan beberapa kondisi mobilitas pesisir yang perlu dibenahi, seperti banjir, kawasan permukiman yang rentan, penuaan prasarana, kemacetan, dan rentan tergerusnya warisan budaya.

Program Kota masa Depan UK PACT sangat mengapresiasi kesempatan kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar dalam mendorong aksi mitigasi dan adaptasi melalui kolaborasi strategis ini.

Pemerintah Kota Makassar menyambut baik visi mobilitas berkelanjutan kota pesisir yang diinisiasi oleh Program Kota Masa Depan UK PACT.

Selama beberapa bulan terakhir kota Makassar menerima konsultasi dan dukungan teknis tentang perumusan desain di Kawasan Simpul Sudirman.

“Sebagai tindak lanjut, Pemerintah Kota Makassar secara bertahap akan mengimplementasikan desain tersebut, salah satunya melalui arahan penugasan lembaga OPD,” ujar Walikota Makassar Danny Pomanto yang diwakili oleh Rusmayani Madjid selaku Asisten Bidang Perekonomian Pembangunan dalam sambutannya.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tag Populer

Belum ada konten yang bisa ditampilkan.