Penguatan Kearsiapan, Pemkab Luwu Utara Gandeng Rezky Foundation Education and Training

Luwu Utara, Matasulsel – Pemerintah kabupaten Luwu Utara melalui Dinas perpustakaan dan kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Utara bekerja sama dengan jaya Rezky foundation education and training menyelenggarakan bimbingan teknis pengelola teknis kearsipan,Senin 22/07/2019.

Kegiatan yang berlangsung di hotel Grand Asia Makassar di buka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Jumal Jayair Lussa di hadiri oleh kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan provinsi Sulawesi selatan Moh Hasan Sijaya, SH. MH, kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan DR. Ilham A. Gazaling, M. Si, kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Utara Maharuddin, Deputi 1 bidang pembinaan kearsipan Nasional Republik Indonesia Andi Kasman.

Bacaan Lainnya

kepala Dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi Sulawesi Selatan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tentang Sinergitas OPD terhadap BPK tentang kesiapan

Moh Hasan juga menambahkan bahwa Arsip itu nomor 1 Arsip itu menjadi suatu kebutuhan utama baik arsip perseorangan atau pun arsip kelembagaan

Moh Hasan juga menyampaikan Tingkat kemampuan OPD dalam memahami administrasi kearsipan Masi sangat lemah, kita berharap melalui kegiatan ini pemahaman bisa semakin bertambah, Oleh karna itu saya sangat sedih kalau ada masalah dinas karsiapn kabupaten kota yang meleburkan dinas kearsipan.

Saya berharap singeitas terbangun di tiap OPD dan mengapresiasi kepada Luwu Utara Karna telah menyelenggarakan kegiatan ini, Tutup kepala dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala dinas perpustakaan dan kearsipan Daerah Kabupaten Luwu Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ditangan kita arsip diluwu Utara akan terselamatkan.

Maharuddin juga menambahkan bahwa Untuk Luwu Utara Kita semua yang akan menyelamatkan arsip, kita bekerja bukan hanya pada bimtek ini namun tugas kita Kedepan sangat besar untuk kearsipan di kabupaten Luwu Utara.

Deputi 1 bidang pembinaan kearsipan Nasional Republik Indonesia Andi Kasman dalam sambutannya menyampaikan bahwa Arsip itu ada dua bagian yaitu Arsip Dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu Arsip Statis  adalah Arsip yang dihasilkan oleh pencipta Arsip dan memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan

Andi Kasman pada sambutanyan juga menyampaikan bahwa “karena pengetahuan dan pergaulan ibu bupati Luwu Utara sangat baik, baik itu Nasional maupun internasional, hingga Bupati Luwu Utara sangat peduli tentang arsip” tandasnya

Andi Kasman juga menegaskan bahwa Arsip merupakan Alat bukti akuntabilitas dan alat bukti kesejahteraan.

Sementara itu Jumal Jayair Lussa dalam menyampaikan sambutan Bupati Luwu Utara mengatakan bahwa Kenapa dikatakan kearsipan sangat penting dan kegiatan ini sangat baik sekali
Karna Jujur saya katakan banyak teman di daerah yang menerima kosekuessi hukum akibat kearsipan. Oleh karna itu jangan pernah menyepelekan arsip.

Mudah-mudahan dengan bimtek kearsipan ini bisa memberikan kontribusi kepada teman-teman tentang kearsipan dan mudah-mudahan dengan tertibnya administrasi kearsipan Bisa Menyelamatkan kita pada proses birokrasi kedepan, tutup Asisten Pemerintahan dan Kesra. (*)

Pos terkait