Ratusan Offroader Berkumpul di Malino, Simak Apa Kegiatannya !

GOWA, MATA SULSEL – Indonesia Offroad Federation (IOF)  menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-18 di kawasan Masagena Cottage 3, Malino, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) 26-28 November 2021. Pengurus Daerah (Pengda) IOF Sulsel bertindak sebagai tuan rumah.

Ketua Panitia pelaksana R. Firzal Muzaffar menjelaskan Rakernas kali ini dihadiri 102 offroader dari 27 provinsi di tanah air.

Bacaan Lainnya

‘’Termasuk beberapa Pengcab dari seluruh Indonesia hadir pada rakernas kali ini,” jelas Om Pietz, sapaannya di kalangan offroader saat ditemui Senin (29/11/2021).

Om Pietz mengakui Rakernas kali ini berbeda dengan rakernas sebelumnya. Bedanya Rakernas sebelumnya selalu dilaksanakan di hotel berbintang, di Malino dikemas berbeda.

‘’Karena ini Rakernasnya para offroader, tentu kita sesuaikan dengan hobby kami yang senang dengan petualangan. Kita tetap berada di alam seperti saat bermain offroad. Kota Malino yang indah dan sejuk jadi pilihan.  Jadilah Rakernas IOF kali ini rasa outbound,” jelas Om Pietz yang sehari-hari menjabat Ketua Harian Pengda IOF Sulsel, ini.

Selain Rakernas,  IOF Pengda Sulsel juga menggelar sertifikasi R4. Ini syarat bagi para pecinta otomotif 4×4  untuk menjadi petugas lintasan balap. Para pematerinya pun dari IOF Pusat.

Ketua Pengurus Pusat IOF Irjen Pol (Purn) Sam Budigusdian hadir membuka Rakernas tersebut. Mantan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) ini menjelaskan pertemuan tahunan para offroader dari seluruh Indonesia ini selain untuk menjalin persaudaraan, juga menjadi ajang evaluasi dan pembenahan organisasi.

‘’Pembenahan yang dirasa penting yang merupakan amanah anggaran dasar untuk mewujudkan profesionalisme IOF di tengah kepentingan dan pengabdian kepada bangsa,’’ kata mantan Kapolres Barru, ini.

Purnawirawan perwira tinggi (Pati) bintang dua yang pernah dua kali menjabat Kapolres Pelabuhan Makassar ini menjelaskan sampai akhir 2021 perkumpulan IOF tersebar di 69 pengurus cabang (Pengcab)  dan 33 Pengurus Daerah (Pengda) di seluruh Indonesia.

”Ada 622 club sebagai anggota biasa dan 28 anggota kehormatan serta 67 SDM profesional bersertifikat IOF. Dengan kekuatan ini IOF sudah bersinergi bersama pemerintah dengan diterimanya sebagai anggota KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Nasional,” urai Sam Budi.

Sementara itu Ketua Pengda IOF Sulsel Adi Rasyid Ali merasa bangga karena Sulsel dipercaya menjadi tuan rumah Rakernas IOF ke-18 tahun 2021.

Ia juga menyambut hangat dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh offroader dan jajaran Pengda IOF dari seluruh indonesia di kota Bunga, Malino, Kabupaten Gowa.

‘’Ini sebuah penghormatan kepada Pengda IOF Sulsel karena dipercaya menjadi tuan rumah. Selamat datang di Malino, Sulawesi Selatan,” kata ARA, sapaannya.

Pada kesempatan ini, ARA yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini tidak lupa mempromosikan kota Malino sebagai salah satu destinasi wisata di Sulsel.

“Semoga Rakernas ke-18 tahun 2021 di Kota Malino dapat melahirkan gagasan-gagasan hebat yang dapat menunjang program kerja IOF kedepan dan menjadi ajang mempererat silaturahmi bagi para offroader di Indonesia,” sebut ARA.

Pada kesempatan tersebut ARA juga menjelaskan program kerja IOF Pengda Sulsel selama ia dilantik menjadi nakhoda organisasi para offroader di Sulsel pada 29 Juni 2019.

‘’IOF ini organisasi semua orang. Semua profesi ada di sini. Ada TNI, ada Polri, dokter, ada politisi, ada pengusaha bahkan para Bupati. Semua ada.   Tetapi ini bukan organisasi kaum elit.  Di hutan kita tanggalkan semua profesi dan atribut. Di sini kita semua satu keluarga dalam bingkai kebersamaan,” tegas ARA lagi.

Ia juga menjelaskan selain kegiatan otomotif, anggota IOF juga punya kepekaan sosial. Perannya sangat besar dalam kegiatan sosial. Bahkan selalu berada di garis terdepan mendistribusikan bantuan untuk korban bencana di daerah yang medannya sangat sulit dijangkau.

‘’Saat terjadi bencana di Palu, kami ada di sana. Bahkan saat terjadi bencana di Mamuju, teman-teman offroader mampu menembus Desa Manipi, sebuah desa terpencil yang tak mampu dijangkau oleh kendaraan lain akibat longsor dan banjir. Kami hadir di sana membawa bantuan demi membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana,’’ kata ARA.

Seluruh peserta benar-benar menikmati alam Malino yang indah nan sejuk. Mereka diinapkan di Masagena Cottage. Saat pembukaan Rakernas selain dihadiri Ketua Umum IOF, Irjen Purn Sam Budigusdian, hadir pula Sekjen IOF Joko Permana, Bendahara Umum H Burhanuddin dan jajaran pengurus lainnya.

Hadir pula Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno, Dilantas Polda Sulsel Kombes Pol Frans Sentoe, Sekretaris KORMI Sulsel dan sejumlah pejabat lainnya.

Sementara itu  meski tidak sempat hadir, sejumlah pejabat negara ikut memberikan selamat melalui testimoni. Di antaranya Menteri Pertanian yang juga mantan Gubernur Sulsel dua periode, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pariwisata, Ekonomi Krewatif, Sandiaga Salahuddin Uno, Komandan Kodiklat TNI-AD, Letjen TNI AM Putranto.

Pejabat daerah di Sulsel tak mau ketinggalan. Di antaranya Plt Gubernur Sulsel Andi Sudriman Sulaiman, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Bupati Gowa Adnan Purictha Ichsan YL.(**)

Pos terkait